Tim-Tim Formula 1 Terimpit Waktu Jelang Musim 2009

Persiapan Terancam Pas-pasan

Senin, 02 Februari 2009 – 08:30 WIB
Foto : AP

Musim Formula 1 2009 dimulai tidak sampai dua bulan lagiTim-tim peserta pun harus bekerja keras mempersiapkan diri

BACA JUGA: Hari Spesial Buat El Real

Selain terimpit waktu, mereka terganjal cuaca.

Ulasan Azrul Ananda

KALENDER sudah menunjukkan bulan Februari
Musim balap Formula 1 2009 dimulai akhir Maret nanti di Australia

BACA JUGA: Sasi Genjot Fisik Roca

Dari sembilan tim Formula 1 yang ada (sambil menunggu nasib Honda), baru enam meluncurkan mobil terbarunya.

Ferrari, McLaren-Mercedes, BMW-Sauber, Toyota, Williams-Toyota, dan Renault
Red Bull baru memperkenalkan mobilnya pada 9 Februari nanti

BACA JUGA: Persema tanpa Dua Jenderal

Toro Rosso beberapa hari kemudianForce India mungkin awal MaretSedangkan para personel Honda sampai sekarang hanya bisa berdoa.

Namun, meski sudah meluncurkan mobil baru, belum satu pun dari enam tim itu yang mampu menjalani uji coba idealPertama, mereka masih harus membiasakan diri dengan perubahan regulasi drastisDesain mobil 2009 berbeda secara ekstrem dengan 2008Dan, untuk kali pertama sejak 1997, mereka harus memakai lagi ban slick polos.

Parahnya, cuaca di Eropa terus memberi cobaanFerrari harus memindahkan uji coba pertama F60 dari Fiorano ke MugelloLatihan di Valencia, Spanyol, dan Algarve, Portugal, dihajar cuaca dingin dan hujanPadahal, tim-tim peserta butuh banyak latihan di lintasan kering untuk menemukan setelan ideal berdasarkan regulasi baru.

Saat ini para engineer F1 memang sedang pusing-pusingnyaSebab, mobil mereka benar-benar harus mantap sebelum musim dimulaiPenggemar berat F1 mungkin sudah tahu, kalau ada aturan baru yang melarang uji coba sama sekali begitu musim balap dimulaiItu adalah salah satu aturan baru yang diterapkan untuk menekan biaya partisipasi.

Singkat kata, kalau setelan dan konfigurasi mobil meleset di seri pertama, sangat mungkin mobil itu akan terus terpeleset hingga akhir musim.

Siapa yang terlihat paling mantap sejauh ini? Sekali lagi, belum ada uji coba yang bisa dijadikan patokanKeenam mobil baru juga belum turun bersama di satu lintasanKalaupun turun bareng, mereka sama-sama mengklim belum mengejar catatan waktu.

Kalau kesan dan komentar yang dijadikan acuan, Ferrari dan McLaren masih terkesan solidBMW-Sauber, yang paling berambisi menggeser kedua tim teratas itu, belum menunjukkan taring.

Senyum terlebar, untuk sementara, ada di kubu Williams-ToyotaDi Algarve pada pekan ketiga Januari lalu, mobil FW31 mampu melaju lebih baik daripada McLaren, Toyota, dan Renault.

Meski demikian, Williams tak mau berkoar"Masih terlalu dini untuk menilai kekuatanAkan terjadi banyak perubahan antara sekarang hingga lomba pertama nanti, karena semua peserta terus mengutak-atik setelan dan membiasakan diri dengan ban slick," kata Sam Michael, direktur teknik Williams.

Michael mengaku beruntung sempat menjajal regulasi baru itu di penghujung 2008 lalu, menggunakan mobil lama yang dipasangi sayap baru dan ban polosTahun lalu, memang hanya Williams dan BMW yang sempat melakukan ituPercobaan itu disebut sempat memberi "pencerahan" tentang arah pengembangan dan bagaimana cara menyetel mobil.

Namun, sekali lagi, Michael yakin situasi bisa berubah"Tidak butuh waktu lama bagi tim lain untuk mengejar ketinggalan," tandasnya.

Di sisi lain, wajah-wajah paling merengut sekarang terlihat di kubu RenaultPerforma awal mobil R29 termasuk paling mengecewakanKabarnya, mobil itu punya problem aerodinamika.

Untuk sementara ini, Renault masih mencoba berpikir positif"Yang penting tidak ada masalah teknisWaktu masih belum penting," kata Fernando Alonso, bintang Renault, setelah berlatih di Portugal.

Pat Symonds, petinggi teknis Renault, menyebut pihaknya masih bisa menemukan solusi sebelum musim balap dimulai"Kami bisa lebih baik, membuat mobil lebih mudah dikendaraiSaya pikir, dua sesi uji coba terakhir akan menjadi indikator terbaik," ucapnya.

Uji coba lanjutan itu dijadwalkan berlangsung dalam seminggu ke depan di Jerez, SpanyolSejumlah tim akan turun bersamaDebut Red Bull yang baru juga dijadwalkan berlangsung di sana.

Hanya, dari Jerez kita tetap belum akan bisa melihat perbandingan kekuatan secara utuhSebab, BMW-Sauber memutuskan meninggalkan Eropa, mencari cuaca cerah di luar daratan tersebut.

Mereka tidak sendirianBersama Ferrari dan Toyota, BMW-Sauber akan menjalani latihan di Bahrain mulai 10 Februari nanti.

"Paling tidak, di Bahrain kami bisa mendapatkan cuaca lebih baik dan bisa keliling lebih banyakItu yang kami butuhkan untuk mengembangkan mobil baru ini," ujar Timo Glock, pembalap Toyota(*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kolaborasi Spanyol-Portugal Terancam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler