Timnas Indonesia vs Irak 1-3, Untung tak Kebobolan Lebih Banyak Gol Lagi

Selasa, 16 Januari 2024 – 04:22 WIB
Duel Timnas Indonesia (jersei merah) vs Irak (jersei putih). Foto: PSSI.

jpnn.com - Timnas Indonesia takluk 1-3 kontra Irak dalam laga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam.

Skuad Garuda sempat menyamakan kedudukan, tetapi akhirnya harus kalah.

BACA JUGA: Lihat Detik-Detik Kedatangan Timnas Indonesia di Stadion Ahmad bin Ali, Rileks

Performa Timnas Indonesia pada awal babak pertama masih terlihat canggung. Di sisi lain, Irak langsung bermain agresif untuk bisa mencetak gol cepat.

Osama Rashid membuka peluang Irak pada menit ke-3. Namun, sundulannya masih belum tepat sasaran. Indonesia mencoba memanfaatkan serangan balik, sepakan Marselino lurus ke gawang, tetapi hanya membentur mistar pada menit ke-5.

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Irak: Garuda Siap Menggebrak

Irak kembali mengancam, tetapi masih belum bisa membahayakan gawang Indonesia. Pada menit ke-17, Timnas Indonesia kebobolan.

Berawal dari kesalahan antisipasi penggawa Garuda, Mohanad Ali berhasil mendapatkan bola dan dengan mudah mengecoh Ernando Ari saat sudah berhadapan satu lawan satu. Gol, Irak memimpin 1-0.

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Bintang Irak Memberikan Penilaian Soal Timnas Indonesia

Dalam keadaan tertinggal, Skuad Garuda bermain lebih berhati-hati. Langkah itu justru membuat Irak makin nyaman menyerang.

Saat lawan lengah, Indonesia menyusun serangan dari sisi kanan. Berawal dari crossing Sayuri, bola ditendang dengan indah oleh Marselino Ferdinan. Skor pun berubah 1-1 pada menit ke-37.

Pada masa injury time babak pertama, Irak berhasil memanfaatkan kesalahan pemain Indonesia. Osama Rashid mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Irak unggul 2-1 atas Indonesia. Skor tersebut bertahan hingga turun minum,

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia mencoba bermain lebih disiplin. Irak pun mengubah strategi dengan memberikan tekanan cukup tinggi hingga ke sepertiga daerah pertahanan Indonesia.

Kondisi itu bisa diatasi oleh Elkan Baggott dan kolega selama 25 menit awal babak kedua. Namun, memasuki menit ke-75, pertahanan Garuda akhirnya jebol. Aymen Hussein mencetak gol pada menit ke-75.

Hussein memenangi duel dengan Rizky Ridho, bola pantul kemudian ditendang dengan kencang, menembus gawang Indonesia. Skor pun kembali berubah, Timnas Indonesia tertinggal 1-3 dari Irak.

Sampai babak kedua usai, kedudukan tak berubah. Timnas Indonesia harus mengakui kekalahan 1-3 dari Irak dalam laga perdananya di Piala Asia 2023. (dkk/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler