Timnas Indonesia vs Myanmar: Saatnya Mengobati Kecewa

Selasa, 29 Agustus 2017 – 07:04 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-22 Evan Dimas Darmono saat latihan. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Myanmar pada perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games 2017 yang akan berlangsung di Stadion Selayang, Selangor sore ini (29/8). (Siaran Langsung SCTV/TVRI, pukul 15.30 WIB).

Kekecewaan besar pantas dirasakan Evan Dimas Darmono dkk setelah kekalahan dari Malaysia di semifinal. Tapi, obat untuk mengatasi kekecewaan itu sudah di depan mata.

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Myanmar: Evan Dimas dkk Libur Latihan

Laga melawan Myanmar tak ubahnya penyelamat muka sekaligus harga diri. Medali jadi penawarnya, perunggu sekali pun.

Pada laga hari ini, pelatih Garuda Muda Luis Milla bakal menurunkan skuad terbaiknya. Tiga pemain yang sebelumnya absen, Hansamu Yama Pranata, M. Hargianto,dan Marinus Mariyanto Wanewar tampaknya akan kembali menjadi starter.

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Malaysia: Hanya 10 Ribu Tiket untuk Suporter Garuda Muda

Pada latihan terakhir di Stadion Merdeka, Kuala Lumpur kemarin (28/8), ketiga pemain juga sudah masuk dalam skema latihan.

Sayang, Septian David Maulana, gelandang serang yang selalu menjadi pilihan utama Luis Milla kemungkinan besar harus absen.

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Malaysia, Begini Cara Luis Milla Naikkan Moral Pemain

Pemain dari Mitra Kukar itu belum pulih 100 persen setelah mengalami cedera engkel kala melawan Malaysia.

Bahkan saat latihan kemarin, dia harus berlatih terpisah, sebelum akhirnya bergabung dengan skuad yang lain.

”Sudah agak mendingan, gak bengkak lagi, kalau tetap dipercaya ya saya siap,” kata David kepada Jawa Pos selesai latihan.

Posisinya bakal digantikan Saddil Ramdani, pemain kidal yang punya kualitas yang tidak jauh berbeda dengan David.

Namun, kembalinya tiga pemain yang sebelumnya absen diharapkan bisa memperkuat komposisi tim Garuda Muda.

Untuk posisi kiper, Kurniawan Kartika Ajie yang sebelumnya absen ada kemungkinan bakal kembali mengawal gawang Indonesia.

Pada latihan kemarin, para pemain juga mendapatkan porsi tendangan penalti. “Ini juga menjadi salah satu persiapan kami untuk kemungkinan adu penalti,” ujar Bima Sakti, asisten pelatih Indonesia. Para pemain tampaknya sudah melupakan kekalahan di semifinal sebelumnya. Buktinya, para pemain sudah bisa menikmati latihan kemarin sore.

Catatan penting menghadapi Myanmar yakni saat Indonesia takluk 1-3 pada laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor awal tahun ini.

Saat itu, agenda FIFA Match day digunakan Milla untuk menakar kemampuan Garuda Muda tidak menurunkan skuad senior. Itu untuk pertama kalinya Milla menukangi Indonesia.

Pelatih Myanmar Gerd Zeise berpendapat, skuad Indonesia saat ini mengalami banyak perubahan. Apalagi saat itu, Milla baru saja menjalankan tugasnya sebagai pelatih Indonesia.

”Mereka sulit dikalahkan di babak grup SEA Games,” kata pelatih asal Jerman tersebut.

Pelatih yang juga menukangi tim Myanmar sejak tim U-19 tersebut sudah cukup akrab dengan sejumlah pemain Garuda Muda.

Dengan komposisi yang bermodalkan timnas U-19 Myanmar, Gerd tetap optimistis dengan timnya. ”Kami harus bisa ambil medali, tetapi tentu tidak mudah,” ujarnya. (*/ady)

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): 20-Kartika Aji (g); 11-Gavin Kwan, 23-Hansamu Yama (c), 3-Andy Setyo, 15-Ricky Fajrin; 6-Evan Dimas, 8-M. Hargianto; 25-Osvaldo Haay, 17-Saddil Ramdani, 13-Febri Hariyadi; 24-Marinus Wanewar

Pelatih: Luis Milla

Myanmar (4-5-1): 1- Sann Satt (g); 2-Nan Wai Min, 4-Thiha Htet Aung, 3-Htike Htike Aung, 17-Hein Thiha Zaw; 11-Mg Mg Lwin (c), 7-Hlaing Bo Bo, 6-Ye Yint Tun, 10- Si Thu Aung; 14-Yan Naing Oo; 9-Aung Thu

Pelatih: Gerd Zeise

Stadion : Selayang, Selangor

Live : SCTV, pukul 15.30 WIB

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Indonesia vs Malaysia: Jangan Lagi Terpancing Provokasi


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler