Timnas Indonesia Vs Vietnam 0-0: Banyak Drama di Masa Injury Time

Rabu, 15 Desember 2021 – 21:55 WIB
Para pemain timnas Indonesia saat laga melawan Ve

jpnn.com, SINGAPURA - Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 kontra Vietnam dalam mathday ketiga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12) malam.

Tambahan satu poin ini membuat Indonesia tetap bercokol di puncak klasemen berkat koleksi tujuh poin. Vietnam menguntit di tempat kedua hanya kalah gol memasukkan.

BACA JUGA: Babak Pertama Timnas Indonesia Vs Vietnam 0-0: Garuda Main Tanpa Kiper Cadangan

Dalam pertandingan ini, Indonesia menurunkan susunan pemain yang berbeda dengan dua laga sebelumnya saat melawan Kamboja dan Laos.

Tiga bek tengah diturunkan bersamaan seiring absennya Elkan Baggott karena harus menjalani karantina.

BACA JUGA: 2 Ocehan Sesumbar Park Hang Seo Jelang Timnas Indonesia vs Vietnam

Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Rizky Ridho harus bekerja keras karena mereka praktis 80 persen bertahan mencegah serangan Vietnam.

Pada menit ke-28 Nguyen Quang Hai mendapat peluang lewat sepakan yang mengarah ke gawang, tetapi bola masih mengenai kaki pemain Indonesia dan sehingga mudah diamankan Nadeo.

Menit ke-34, Phan Van Duc mendapatkan ruang untuk melepaskan tembakan. Namun, sepakannya masih memantul mengenai badan pemain Indonesia.

Bola pantul coba disundul oleh Chong Phuang. Beruntung, Nadeo dengan sigap menangkap bola tersebut.

Di sisi lain, saat Indonesia akan membangun serangan, beberapa kali alur bola yang diarahkan ke Irfan Jaya, Ezra Walian maupun Witan Sulaeman selalu bisa diadang oleh pemain lawan.

Sampai peluit tanda babak pertama usai, skor kacamata belum berubah. 

Pada babak kedua, pergantian dilakukan oleh Indonesia untuk mengubah jalannya pertandingan.

Evan Dimas masuk menggantikan Rachmat Irianto. Perubahan ini membuat Indonesia lebih bisa menjaga ritme dan mampu sesekali mengatur serangan.

Sayang, satu peluang dari Ramai Rumakiek tidak bisa dimaksimalkan karena mampu diatasi oleh pemain belakang Vietnam.

The Golden Star -julukan timnas Vietnam- juga melakukan beberapa pergantian pemain untuk meningkatkan efektivitas serangan.

Benar saja, Vietnam mendapat peluang cukup matang lewat Ha Duc Chinh. Sayang, peluang itu gagal berbuah gol.

Pada menit ke-71, Indonesia punya kans mencetak gol lewat sepak pojok Evan Dimas yang menciptakan kemelut. Rizky Ridho yang berhasil menguasai bola liar sempat menendang bola ke arah gawang, tetapi masih mengenai kaki pemain belakang Vietnam.

Pada menit-menit akhir pertandingan, sempat terjadi drama saat Vietnam terus mengurung pertahanan Indonesia.

Sejumlah penggawa Indonesia yang berjibaku menjaga gawang agar tidak kebobolan, sempat mengalami kram. Witan Sulaeman, bahkan harus diganti karena dia terlihat memegang paha kirinya.

Karena banyak insiden pemain yang dirawat, Vietnam diuntungkan oleh wasit. Dari tiga menit injury time yang diumumkan, wasit Kim Dae Yong asal Korsel memberikan tambahan waktu sampai empat menit.

Praktis, pertandingan dari menit ke-93 sampai 97 itu berjalan bak empat jam. Pencinta sepak bola dibuat deg-degan, sampai akhirnya wasit meniup peluit panjang dan laga Indonesia vs Vietnam berakhir 0-0 .(dkk/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler