Timnas Pelajar Beri Kado Terindah di Hari Anak Nasional 2018

Rabu, 25 Juli 2018 – 13:47 WIB
Timnas Pelajar U-12 jadi juara turnamen sepakbola Dreams Come True International Youth Football Tournament 2018 di China. Foto: amjad/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Prestasi tertinggi kembali dirasakan olahragawan muda Indonesia yang tergabung dalam Timnas Pelajar U-12.

Tim tersebut merupakan Akademi Persib kelompok umur di bawah usia 12 tahun yang menjuarai turnamen sepakbola Dreams Come True International Youth Football Tournament 2018 yang berlangsung di China pada akhir pekan lalu.

BACA JUGA: Menpora: Porsemanas Tonggak Sejarah Olahraga LP Maarif NU

Kemenangan tim dari Akademi Persib ini pun bisa dikatakan sempurna, pasalnya dari rangkaian pertandingan yang dilakoni, kemenangan diraih dengan cukup meyakinkan.

Seperti halnya di laga perdana menghadapi Vietnam, tim Akademi Persib menggasak lawannya dengan skor 6-0.

BACA JUGA: Menpora Berharap Poco-poco Bisa Hapus Generasi Malas Gerak

Hampir mirip dengan apa yang dilakukan terhadap Taiwan, namun kali ini gawang tim besutan Sendy Oktavian itu harus sekali kejebolan namun tetap memasukan enam gol kegawang lawan.

Kemudian Thailand dibekuk dengan skor 5-1. Lagi-lagi Taiwan kembali menderita kekalahan 6-1 atas Indonesia dan pada babak empat besar, Akademi Persib berhasil meraih kemenangan atas Hongkong dengan skor 2-1.

BACA JUGA: Jadwal Kedatangan Zohri Mundur 1 Jam

Di laga puncak, tim Taiwan kembali menjadi lawan Indonesia. Laga pun berakhir dengan skor 0-0, sehingga dilanjutkan untuk mencari pemenang dengan jalan adu pinalti.

Difase "tos-tosan" itu, Indonesia berhasil menyarangkan tiga kali sikulit bundar kegawang lawan, sedangkan musuh hanya mampu dua kali merobek gawang tim Indonesia.

Tidak hanya gelar juara yang didapatkan dari Timnas Pelajar U-12 ini, namun gelar pemain terbaik serta pelatih terbaik pun juga ikut diborong tim tersebut.

Sang juara pun langsung dijemput Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Dr. Raden Isnanta M.Pd didampingi Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga Dr. Dwijayanto Sarosa Putera di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (24/7/2018) malam.

Isnanta mengatakan kemenangan ini sebuah kebanggaan besar bagi bangsa Indonesia yang bertepatan dengan hari Anak Nasional.

"Mereka telah berhasil menunjukan bakat anak bangsa di dunia persepakbolaan pada pentas internasional dan kemenangan ini merupakan kado terindah di hari Anak Nasional tahun 2018 ini," tutur Isnanta.

Selain itu, Isnanta juga mengatakan Timnas Pelajar U-12, telah mampu menunjukkan sebuah olahraga yang penuh dengan prilaku, karakter serta attitute baik.

Hal tersebut didasari beberapa penghargaan yang diraih, selain menjadi juara, yakni top skorer dengan 19 gol, pemain terbaik dan pelatih terbaik.

"Sesuai apa yang telah saya dengar sebelumnya jika tim ini sangat mendapat tempat ditengah kontestan lainnya, di mana banyaknya tim lain yang ingin bergaul, bertegur sapa dengan dengan tim ini.”

“Artinya pengakuan masyarakat disana sudah jelas, semuanya happy melihat tim ini yang sangat welcome, fun, happy, gaul, sehingga itu bisa menjadi kebanggaan kita, karena mereka bisa menunjukan sebuah olahraga dengan prilaku yang baik. Pertahankan prilaku tersebut, karena itu merupakan sebuah pondasi yang baik bagi persepakbolaan," tutur Isnanta.

Itu membuktikan, lanjut Isnanta, jika mereka telah dilatih dengan ditanamkan karakter positif oleh staf kepaltihan dan manajemen, kemudian dibekali skill teknik dasar yang komplit. "Itu semua akan menjadi bekal bagi para pesepakbola masa depan Indonesia ini berkiprah diajang yang lebih tinggi lagi, entah itu bermain di klub profesional maupun menjadi penggawa Timnas suatu hari kelak," tambah Isnanta.

Selanjutnya, Deputi asal Kulon Progo itu mengatakan meski sudah berlebel juara, para individu dari tim ini janganlah sombong dan jangan cepat merasa puas. Karena menurutnya ketika saat ini mereka mampu mengalahkan dengan mudah para lawannya tersebut, pasti dari kekalahan itu akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan untuk ke depannya dari para tim tersebut.

"Ke depan, tim ini harus tetap menjadi yang terbaik disaat mereka berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Jangan terlena dengan pencapaian yang diraih saat ini. Terus rendah hati, terus berlatih denga fokus dan tekun untuk mempertahankan apa yang telah diraih saat ini untuk masa yang akan datang. Selamat untuk kalian para Juara," pungkas Isnanta.

Indonesia menjadi tim terbaik dan paling ramah dalam mengikuti turnamen tersebut. Sementara pemain terbaik sekaligus menjadi Tok Skorer dengan 19 gol diraih oleh Gaoshirowi. Sedangkan pelatih terbaik disandangkan kepada Sendy Oktavian.(dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menpora Sebut Videonya Soal Pidato Judi Bola Dipotong-potong


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler