Timnas U-16 Indonesia vs Myanmar Imbang 1-1, Laga Lanjut Adu Penalti

Rabu, 10 Agustus 2022 – 22:12 WIB
Duel antara Timnas U-16 Indonesia (jersei putih-hijau) melawan Singapura (jersei merah) pada lanjutan Grup A Piala AFF U-16 2022. Foto: Twitter/AFFPresse.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Timnas U-16 Indonesia bermain imbang 1-1 lawan Myanmar dalam waktu normal di semifinal Piala AFF U-16 2022. Laga pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Dalam Piala AFF U-16 ini memang tidak ada aturan extra time setelah waktu normal habis. Karena itu, laga langsung masuk ke babak tos-tosan untuk menentukan pemenang.

BACA JUGA: Undian Kejuaraan Dunia 2022: Ginting dan Jojo Jumpa Pemain Non-unggulan

Duel Indonesia vs Vietnam berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8/2022) malam.

Indonesia sejatinya cukup dominan dalam pertandingan ini karena terus menekan pertahanan lawan.

BACA JUGA: Kejuaraan Dunia 2022: Penghancur Ginting Makin Berbahaya, Indonesia Dalam Ancaman

Namun, jelang akhir babak pertama, Myanmar justru bisa mencetak gol via Min Htet pada menit ke-43 setelah memanfaatkan situasi serangan balik.

Skuad berjuluk Garuda Asia masih punya 45 menit lagi untuk mengejar ketertinggalan.

M Iqbal dan kawan-kawan harus bisa lebih efektif bermain di babak kedua. Pasalnya, terhitung ada enam peluang apik di babak pertama yang berakhir sia-sia.

Saat keasyikan menyerang, Indonesia harus kecolongan. Lawan tampak lebih disiplin bertahan ditambah kiper Myanmar tampil cukup apik. Hal itu membuat sederet peluang Indonesia terbuang percuma.

Kondisi ini sejatinya sama seperti saat melawan Vietnam. Indonesia harus tertinggal terlebih dahulu, tetapi di babak kedua mampu membalas dan memanangi pertandingan di fase grup tersebut.

Pada babak kedua, Indonesia masih dominan dan terus mengurung pertahanan lawan. Namun, kurang efektifnya lini depan tim polesan Bima Sakti membuat banyak peluang terbuang percuma.

Indonesia baru bisa membalas gol pada menit ke-69 saat sepakan bebas Afrisal tak mampu ditepis kiper.

Skor pun imbang berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga waktu normal usai. Laga pun lanjut ke babak adu penalti. (dkk/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler