Timnas U-17 Jalankan Pola Baru

Perbanyak Uji Coba Ke Daerah

Selasa, 01 Mei 2012 – 08:35 WIB
Para pemain Tim Nasional Sepak Bola U-17, saat mengikuti latihan di Lapangan Latihan PSSI, Senayan, Jakarta. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS

JAKARTA-Timnas U-17 akhirnya usai merampingkan skuad. Dari 30 skuad yang melakoni pemusatan latihan di Jogjakarta, kini, jumlah tim yang diarsiteki oleh Indra Safri itu tinggal menyisakan 25 pemain. Indra mengatakan bahwa pencoretan dilakukan berdasarakan pada hasil tes psikologi dan tes fisik yang yang dilakukan sejak pekan lalu.

"Kami ada standar tersendiri  untuk melakukan pencoretan ini. Kami mengacu kepada kondisi fisik juga melihat penampilan pemain dalam uji tanding. Dari situ, lima pemain kami coret," katanya kemarin (30/4).

Dalam pemusatan latihan kali ini, Indra mengakui banyak ditemukan talenta-talenta baru yang potensial untuk mengisi posisi di timnas U-17. Karena itu, 18 nama yang sebelumnya sudah tergabung di timnas U-17 dan berangkat mewakili Indonesia ke Hongkong Januari lalu, bukan jaminan bisa melenggang masuk timnas dengan mudah.

"Dari pantauan kami, banyak pemain di luar skuad juara di turnamen HKFA (Hongkong) yang terlihat bagus. Jadi, skuad bisa berubah karena banyak yang bermasalah juga dengan berat badannya," terang lelaki berkumis tersebut.

Dengan kondisi itu, Indra menyebut posisi 25 pemain yang ada saat ini belum sepenuhnya aman. Alasannya, seleksi terus dilakukan oleh PSSI sampai akhirnya tim ini benar-benar siap untuk menjadi kerangka timnas pada masa depan.

Selanjutnya, agenda timnas U-17 itu adalah melakoni beberapa kali uji coba ke daerah. Terdekat, adalah kembali melakoni uji tanding dengan beberapa klub di Jogja dan Jawa Tengah (Jawa Tengah) sebanyak dua kali. Pada 3 April timnas akan menghadapi Jogja Selection, dan pada 4 April melawan Jateng Selection.

Setelah itu, pada 8-12 Mei Timnas akan bertolak ke Jawa Timur untuk melakoni pertandingan uji coba di Pasuruan dan Surabaya. Tak hanya di pulau Jawa, Timnas juga akan menyeberag ke Sulawesi dan Maluku untuk beruji coba di daerah.

Nah, Indra menjelaskan jika tujuan berpindah-pindahnya timnas U-17 dalam melakoni uji coba juga berfungsi ganda. Selain menambah jam terbang, Timnas juga akan terus memantau perkembangan pemain-pemainterbaik asal daerah yang melakukan uji coba dengan timnas.

Karena itu, salah satu syarat yang ditekankan olehnya untuk skuad lawan yang akan menjalani uji coba dengan timnas harus bermaterikan  beberapa pemain terbaik dengan kelahiran 1995.

Di sisi lain, lawatan-lawatan yang dilakukan oleh timnas U-17 keliling Indonesia ini memang dipastikan bakal menyerap anggaran yang besar. Tapi, PSSI tak perlu bingung karena sebelumnya pemerintah telah menjamin bahwa dana pembinaan untuk sepak bola akan aman.

"Kalau untuk timnas senior, kami masih belum bisa membantu karena ada diskriminasi. Tapi, kalau untuk pembinaan pasti ada," kata Menpora Andi Mallarangeng beberapa waktu lalu. (aam)

NAMA PEMAIN TIMNAS U-17

1. Ravi Murdianto
2. Jufrianto
3. Rully Desrian
4. Anirul Mukminin
5. Makarius Surian
6. Putu Gede J.A
7. Helmi Madila ihza
8. M. Hargianto
9. Paolo
10. Fiwi
11. Syamsul
12. Indra Kelana Nasution
13. Gilang Isya Rosa
14. Ilham U.H
15. Sabeq Fahmi
16. Evan Dimas
17. Nur Ilahi
18. Cakti Restu Andani
19. I Wayan Eka
20. Eryanto
21. Nanang
22. Hamka
23. Ghozian
24. Ardi
25. Iner santony
BACA ARTIKEL LAINNYA... Fergie: Pertarungan Belum Berakhir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler