Timnas U-22 Belum Solid

Bob Bakal Loby Nirwan

Rabu, 20 Juni 2012 – 09:15 WIB

JAKARTA-Timnas U-22 terus mematangkan persiapan jelang laga kualifikasi menuju piala Asia 2012 pada awal Juli mendatang. Rencananya, mereka akan melakukan tiga kali uji coba di dalam negeri untuk mematangkan kerja sama para pemnggawa Garuda Muda.

Asisten pelatih timnas U-22 Widodo C Putro mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan performa Nurmufid Fasta dkk dibutuhkan lawan yang tangguh. Salah satu yang akan dicoba adalah tim PON dari Jawa Timur (Jatim) atau Jawa Tengah (Jateng).

"Jumat (22/6) nanati kami akan melwan tim PON Jatim atau Jateng. Setelah itu ada dua kali laga uji coba lagi," katanya  saat dihubungi oleh Jawa Pos, kemarin (19/6).

Selain berui coba di Jawa, Timnas U-22 juga akan menguji salah satu tim di Riau. Tujuannya, untuk adaptasi lapangan yang rencananya akan digelar minimal sepuluh hari sebelum kejuaraan dimulai pada 2 Juli nanti.

Selain performa yang belum dianggapo maksimal oleh tim pelatih, Widodo juga menyebut kondisi timnya masih belum lengkap. Alasannya, para pemain muda yang merumput di Indonesia Super League (ISL) tak kunjung bergabung, karena  itu sejauh ini kerangka permainan timnas masih belum bisa maksimal. "Sejauh ini, kondisi tim belum menggambarkan timnas yang kuat secara keseluruhan," ucapnya

Sejauh ini para pemian yang tergabung masih sekedar pemain yang berasal dari Indonesia Premier League (IPL). Selain itu, pemain-pemain yang secara kualitas dibutuhkan tim seperti Andik Vemransyah juga belum bsia bergabung Karena masih berkutat dengan kompetisi.

"Kami sekarang ketar-ketir. Meski jumlah pemain mencukupi, tapi belum semua pemain yang kami undang bergabung di pemusatan latihan (TC) di Jogjakarta," terang Widodo.

Itu cukup riskan , karena waktu pelaksananan semakin mepet. Bahkan, Widodo menyebut pemain masih keluar masuk TC layaknya seleksi agar bisa mendapatkan pemain terbaik.  "Saya berharap pemain bisa segera bergabung, kami masih kesulitan menentukan tim inti," tuturnya.

Di sisi lain, usaha PSSI untuk mendatangkan pemain yang memperkuat tim luar negeri untuk datang mengikuti TC timnas U-22 masih berjalan. Koordinator timnas PSSI Bob Hippy menegaskan jika striker Syamsir Alam yang merumput bersma klub CS Visse, Belgia, juga akan segera tiba di Indonesia.

"Saya akan menemui pak Nirwan Bakrie (salah satu Pemilik CS Visse, Red). Kami sudah janjian untuk membahas masalah Syamsir ini," tegasnya. (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Spirit Revans


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler