Timsel KPU Provinsi Harus Hasilkan Calon Kredibel

Rabu, 13 Februari 2013 – 23:23 WIB
JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengingatkan pentingnya Tim Seleksi (Timsel) anggota KPU Provinsi memilih calon komisioner KPU Provinsi yang benar-benar kredibel. Hal tersebut diperlukan karena dalam penyelenggaraan Pemilu, peran KPU Provinsi sangat dominan sebagai koordinator pelaksanaan setiap tahapan pemilu.
 
"Merekalah yang akan memastikan semua regulasi yang diterbitkan oleh KPU Pusat dijalankan dengan baik. Sebagai lembaga yang berperan menerima delegasi tugas dan kewenangan dari KPU Pusat, peran KPU Provinsi juga sebagai regulator," ujar Husni di sela-sela rapat koordinasi pembekalan tim seleksi anggota KPU Provinsi Gelombang pertama, di Jakarta, Rabu (13/2).

Husni berharap tim seleksi dapat menghasilkan 10 nama calon komisioner yang kredibel dengan performa yang baik. Dengan demikian,  5 orang dari 10 nama yang akan dipilih KPU Pusat nanti dapat membentuk tim yang solid.

"KPU telah menerbitkan peraturan KPU Nomor 2 tahun 2013 tentang Seleksi Anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. Peraturan tersebut merupakan norma dan standar agar seleksi anggota KPU Provinsi dapat dilaksanakan secara objektif, terstruktur, efektif dan efisien," katanya.

Agar proses dan hasil seleksi nantinya sesuai harapan, lanjut Husni, KPU juga telah mengembangkan sejumlah strategi. Di antaranya pelaksanaan seleksi berbasis kompetensi, mengutamakan calon-calon berpengalaman di bidang kepemiluan, dan meminta Timsel proaktif menjaring calon potensial.

"Tim seleksi harus proaktif menjaring calon potensial untuk mendaftar menjadi calon anggota KPU. Jangan hanya menunggu pelamar datang mendaftar tetapi jemput bola kepada masyarakat. Calon-calon potensial diajak untuk ikut mendaftar,” ujarnya.

Husni juga meminta Timsel berkoordinasi dengan lintas sektoral guna memudahkan otentifikasi persyaratan para calon, seperti keabsahan  ijazah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), maupun surat keterangan lainnya. "Dan juga harus melibatkan masyarakat dalam proses seleksi dengan membuka ruang dan mendorong masyarakat memberikan masukan dan tanggapan terhadap proses seleksi dan profil calon," katanya.

Dalam pembekalan gelombang pertama kali ini, KPU meliibatkan tim Seleksi KPU Provinsi dari 19 provinsi. Acara digelar sejak Selasa (12/2) malam dan direncanakan berlangsung selama 3 hari. Terhadap tim seleksi, Husni juga berpesan untuk segera melakukan konsolidasi internal dengan memilih ketua tim seleksi dan menyusun rencana kerja.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Dianggap Gerah Lantaran Anas Makin Kuat di Daerah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler