Tinggalkan Polda Jateng dengan Menaiki Kereta Kencana, Komjen Ahmad Luthfi Meneteskan Air Mata

Jumat, 02 Agustus 2024 – 19:50 WIB
Irjen Kemendag Komjen Pol Ahmad Luthfi melepas jabatan Kapolda Jateng. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com - SEMARANG - Komisaris Jenderal (Komjen) Ahmad Luthfi resmi melepas jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Kapolda Jateng), Jumat (2/8).

Luthfi yang kini menjabat Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) itu meneteskan air mata saat dilepas oleh Kapolda Jateng Brigadir Jenderal (Brigjen) Ribut Hari Wibowo.

BACA JUGA: Komjen Ahmad Luthfi Tugas di Kemendag, Jabatan Kapolda Jateng Diisi Eks Kapolresta Solo

Jenderal bintang tiga itu diarak menggunakan kereta kencana yang ditarik oleh sejumlah anggota Polda Jateng meninggalkan Mapolda, Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Di atas kereta kencana, Komjen Ahmad Luthfi ditemani oleh sang adik, Zaenul Bahar yang kini menjabat Danrem 072/ Pamungkas, Yogyakarta.

BACA JUGA: Kapolri Pimpin Sertijab Kadiv Propam Hingga Kenaikan Pangkat Komjen Ahmad Luthfi

Keduanya turun di depan Kantor Gubernur Jateng lalu menaiki mobil dinas, dan meninggalkan lokasi dengan diarak ratusan pemotor trail, sepeda motor gede (moge), hingga mobil jip.

Komjen Ahmad Luthfi mengaku berat melepas jabatannya sebagai Kapolda Jateng yang diembannya selama empat tahun terakhir.

BACA JUGA: Kapolri Mutasi Irjen Luthfi ke Kemendag, Brigjen Ribut Hari Wibowo Jabat Kapolda Jateng

Selama menjadi pimpinan terlama di Polda Jateng itu, Komjen Ahmad Luthfi menyebut berhasil menjaga harmoni, keamanan, dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

"Berat ya, empat tahun  delapan bulan 28 hari. Artinya, ini merupakan suatu kebersamaan bahwa keberhasilan kita dalam harkamtibmas," ungkap jenderal bintang tiga Polri, Itu.

Namun demikian, Luthfi menyatakan bahwa yang memiliki tanggung jawab lebih berat di lapangan ialah anggota Polda Jateng. Dia menegaskan bahwa personel Polda Jateng merupakan petarung.

"Karena anggota Polda Jateng sejatinya para petarung yang bisa mengayomi, melindungi masyarakat. Ini yang saya bangga dan berat," ujarnya.

Luthfi berharap jajaran Polda Jateng harus berada di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya, selama dia memimpin Korps Bhayangkara di Jateng, anggotanya militan dalam memberi pengabdian kepada masyarakat.

"Anggota sudah saya pesan tidak menyakiti hati masyarakat, rangkul mereka, karena besar kecilnya Polri ditentukan masyarakat," ujarnya.

Diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi jabatan 157 perwira tinggi dan perwira menengah. Satu di antaranya adalah Komjen Pol Ahmad Luthfi yang dimutasi ke Itwasum Polri penugasan luar struktur di Kemendag. (mcr5/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler