Tingkat Keterpilihan Willem Wandik-Aloysius Giyai Tertinggi di Pilkada Papua Tengah

Selasa, 01 Oktober 2024 – 12:54 WIB
Hasil survei kedua LSI menunjukkan tingkat keterpilihan Willem Wandik-Aloysius Giyai tertinggi di Pilkada Papua Tengah, bagaimana pasangan calon lainnya? Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, NABIRE - Laboratorium Suara Indonesia (LSI) merilis hasil survei kedua untuk mengukur preferensi politik masyarakat Provinsi Papua Tengah menjelang Pilkada 2024.

Hasil survei kedua yang digelar sejak 19-29 September menunjukkan tingkat keterpilihan Willem Wandik-Aloysius Giyai tertinggi di Pilkada Papua Tengah, yakni mencapai 64,6 persen.

BACA JUGA: PKB Resmi Usung Willem Wandik-Aloysius Giyai di Pilgub Papua Tengah

"Pada survei LSI yang dilakukan pada 24 Agustus-1 September 2024, elektabilitas Willem Wandik-Aloysius Giyai baru mencapai 60,7 persen," kata Direktur Eksekutive LSI Albertus Dino, Selasa (1/10).

Di urutan selanjutnya pasangan Meki Nawipa-Deinas Geley dipilih sebanyak 13,7 persen, Natalis Tabuni-Titus Natkime 9,2 persen, John Wempi Wetipo-Ausilius You 6,1 persen, dan sebanyak 6,4 persen belum menentukan pilihan.

BACA JUGA: Hasil Survei LKPI: Elektabilitas Bacagub Papua Tengah Willem Wandik Teratas

Lebih lanjut Dino menyampaikan hasil survei mencatat Willem Wandik-Giyai dikenal oleh 90,8 persen warga responden di Papua Tengah dan disukai oleh 93,7 persen dari yang mengenal namanya.

Sedangkan dari pasangan Meky Nawipa-Deinas Geley, dikenal oleh 60,3 persen warga, dan disukai oleh 40,7 persen dari yang mengenalnya.

BACA JUGA: Willem Wandik: PDIP Restui, Saya Siap Bertarung

Pasangan lainnya John Wempi Wetipo-Ausilius You dikenal oleh 64,7 persen warga dan disukai oleh 29,7 persen dari yang mengenalnya.

Kemudian Natalis Tabuni-Titus Natkime dikenal oleh 50,9 persen warga Papua Tengah dan disukai oleh 29,8 persen dari yang mengenalnya.

Dikatakan, hasil survei ini juga dapat menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat Papua Tengah ketika responden diberi pertanyaan: 'secara umum seberapa percayakah ibu/bapak dengan ke empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di bawah ini?'.

Jawaban dari responden menunjukkan Willem Wandik-Aloysius Giyai dipercaya sebanyak 80,7 persen, dan sebanyak 10,1 persen tidak percaya, 9,2 persen tidak tahu atau tidak jawab.

Untuk Meky Nawipa-Deinas Geley, sebanyak 40,6 persen percaya, sebanyak 51,2 persen tidak percaya, dan 8,2 persen tidak tahu atau tidak jawab.

Kemudian Natalis Tabuni-Titus Natkime, sebanyak 42,6 persen percaya, 52,8 persen tidak percaya, dan 4,6 persen tidak tahu atau tidak jawab.

"Untuk pasangan John Wempi Wetipo-Ausilius You sebanyak 20,6 persen percaya, sebanyak 74,1 persen tidak percaya, dan 5,3 persen tidak tahu atau tidak jawab," papar Dino.

Sisi lain, Dino menjelaskan, terkait kepemimpinan untuk Papua Tengah memiliki peran penting dalam keberhasilan atau kegagalan pemerintahan baru mendatang hasil dari pilkada.

Hubungan antara pemimpin dengan rakyat membutuhkan kepercayaan.

Kepercayaan terhadap pemimpin digambarkan sebagai kepercayaan yang dimiliki masyarakat terhadap pemimpin berdasarkan keyakinan bahwa pemimpin tersebut berkompeten, memiliki integritas, konsisten, loyalitas, dan kemampuan berkomunikasi.

Adapun, survei LSI ini dilakukan pada 18-29 September 2024 menggunakan sampel sebanyak 1.700 responden dari populasi DPT Papua Tengah sebanyak 1.128.844.

Survei ini mengunakan metode multistage random sampling.

Sementara, margin of error dari survei ini adalah kurang lebih 2,38 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei dilakukan dengan metode wawancara face to face dan melalui video call," pungkasnya. (mar1/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler