Tinjau Korban Erupsi Gunung Semeru, Jokowi Bilang Begini

Selasa, 07 Desember 2021 – 15:24 WIB
Presiden Joko Widodo tiba di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, LUMAJANG - Presiden Jokowi meninjau sejumlah lokasi yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12).

Dia mengatakan kedatangannya untuk memastikan penanganan bencana erupsi berjalan baik.

BACA JUGA: Lihat Nih, Pak Jokowi Tiba di Lumajang, Siapa yang Menyambut?

"Saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, evakuasi, penanganan pengungsi di lapangan, dan rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru ini," kata Jokowi setelah meninjau Jembatan Gladak Perak di Kecamatan Candipuro.

Setelah melihat kondisi jembatan, Jokowi juga meninjau posko terpadu yang dilengkapi dengan dapur umum, layanan kesehatan, hingga penyembuhan trauma bagi anak di Lapangan Desa Sumberwuluh.

BACA JUGA: Gunung Semeru Erupsi, Melanie Subono Siapkan Bantuan

Pejabat asal Solo itu menyempatkan berdialog bersama sejumlah warga yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

"Saya juga ingin memastikan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan pengungsi juga tertangani dengan baik, yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik," bebernya.

BACA JUGA: Innalillah, Jumlah Korban Meninggal Dunia Akibat Erupsi Gunung Semeru 34 Orang 

Menurut Jokowi, pemerintah akan mendorong perbaikan infrastruktur bisa segera dimulai setelah penanganan bencana selesai.

Selain itu, pemerintah juga merencanakan kemungkinan merelokasi rumah-rumah warga yang berada di lokasi berbahaya untuk dihuni.

"Saya mendapatkan laporan kurang lebih dua ribuan rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kami putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kami bangun karena saya kira semuanya sudah siap," jelasnya.

Presiden Jokowi kemudian menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya para warga korban erupsi Gunung Semeru.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Senin (6/12) pukul 20.15 WIB, korban luka-luka sebanyak 56 orang, hilang 22 orang, dan meninggal dunia 22 orang.

Jumlah populasi terkena dampak erupsi Gunung Semeru sebanyak 5.205 jiwa dan jumlah warga mengungsi 2.004 jiwa.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur," imbuh Jokowi. (tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler