Tips Agar Tak Khilaf saat Menggunakan Kartu Kredit

Rabu, 01 Februari 2023 – 13:52 WIB
Memiliki kartu kredit menjadi salah satu gaya hidup masyarakat saat ini. Foto: freepik.com

jpnn.com, JAKARTA - Memiliki kartu kredit menjadi salah satu gaya hidup masyarakat saat ini. Sebab, kartu kredit memiliki berbagai macam fasilitas yang memudahkan penggunanya.

Berikut Kelebihan Menggunakan Kartu Kredit:

BACA JUGA: 2022, Penyaluran Kredit Modal Rakyat Terus Meroket

1. Kemudahan dalam bertransaksi

Kartu kredit memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi tanpa harus membawa uang tunai. Ini sangat berguna saat Anda sedang dalam perjalanan atau melakukan pembelian online.

BACA JUGA: Tujuh Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit, Jangan Lupa Bayar Tagihan!

2. Reward atau program loyalty

Banyak bank yang menawarkan program reward atau loyalty untuk pelanggan kartu kreditnya. Anda dapat mengumpulkan poin atau mata yang dapat ditukar dengan hadiah atau diskon.

3. Perlindungan pembelian

Beberapa kartu kredit juga menawarkan perlindungan pembelian, yang berarti Anda dapat mengajukan klaim jika barang yang dibeli dengan kartu kredit Anda rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi.

4. Pengaturan pembayaran

Kartu kredit memungkinkan Anda untuk membayar sebagian atau seluruh tagihan Anda setiap bulannya, sehingga Anda dapat mengatur pembayaran sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

5. Pembelian tanpa uang tunai

Kartu kredit memungkinkan Anda untuk membeli barang atau jasa tanpa harus membawa uang tunai, sehingga Anda dapat melakukan pembelian dengan lebih mudah dan aman.

6. Penambahan kredit score

Jika Anda membayar tagihan kartu kredit Anda tepat waktu dan menggunakannya dengan bijak, maka ini dapat membantu Anda meningkatkan kredit score Anda.

7. Pembelian dengan cicilan

Beberapa kartu kredit juga menawarkan fasilitas cicilan yang memungkinkan Anda untuk membayar barang yang dibeli dalam jangka waktu yang lebih panjang. Ini dapat membantu Anda membeli barang yang Anda inginkan tanpa harus menyediakan uang tunai sekaligus.

Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit

1. Bunga yang tinggi

Kartu kredit biasanya memiliki bunga yang lebih tinggi jika tidak dibayarkan sesuai dengan jumlah tagihan yang dikirim penerbit, sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

2. Risiko ketergantungan

Beberapa orang cenderung terlalu banyak menggunakan kartu kredit, sehingga menimbulkan ketergantungan dan menyebabkan masalah keuangan.

3. Potensi kerugian

Kartu kredit dapat menyebabkan kerugian finansial jika Anda tidak dapat membayar tagihan Anda tepat waktu atau jika Anda menggunakannya untuk membeli barang yang tidak perlu.

4. Biaya tambahan

Beberapa kartu kredit juga mengenakan biaya tambahan seperti biaya pemeliharaan, Selain itu, Beberapa kartu kredit juga mengenakan biaya biaya tambahan untuk transaksi di luar negeri atau lainnya.

5. Penalti atas pembayaran yang terlambat

Jika Anda terlambat membayar tagihan kartu kredit Anda, Anda akan dikenakan biaya penalti yang cukup besar.

6. Penurunan kredit score

Jika Anda tidak dapat membayar tagihan kartu kredit Anda tepat waktu atau jika Anda menggunakannya dengan tidak bijak, maka ini dapat menyebabkan penurunan kredit score Anda.

7. Tingginya tingkat konsumsi yang tidak perlu

Kekurangan dari kartu kredit lainnya adalah memungkinkan Anda untuk membeli barang yang Anda inginkan tanpa harus menyediakan uang tunai sekaligus. Dengan begitu, hal ini dapat menyebabkan Anda untuk terlalu sering membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Oleh karena itu, anda harus bijaksana dalam memilih barang. Pengguna harus memilih barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan, sehingga tagihan tidak membengkak setiap bulan

Kedua, kelola dengan baik kartu kredit anda, mulai dari mengatur pembayaran tepat waktu, menghindari pembelian yang tidak perlu, dan membatasi jumlah transaksi.

Namun, bagi Anda yang tetap ingin daftar kartu kredit, Anda bisa mencoba mengajukannya di Bank Mega Indonesia. Sebab, mendaftar kartu kredit di Bank Mega memiliki banyak fungsi dan syarat yang tidak menyusahkan para nasabah.

Anda hanya perlu mengunjungi website resmi dari Bank Mega dan pilih daftar kartu kredit lalu penuhi semua syarat serta isi formulir data diri di website Bank Mega. Tak hanya itu, Bank Mega juga menawarkan fasilitas pembayaran yang mudah dan cepat serta layanan customer service yang baik. Yuk, segera ajukan kartu kredit Bank Mega sekarang juga!(jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler