Tips Cantik Ala Seleb Korea

Rabu, 06 Maret 2013 – 14:25 WIB
JAKARTA--Tips kecantikan layaknya selebriti Hollywood sudah menjadi rahasia umum. Sesekali liriklah riasan wajah dari negara-negara tetangga yang tak kalah menarik. Jika anda salah satu pecinta riasan natural, belajarlah dari selebriti dan wanita Korea yang tetap cantik dengan dandanan natural seperti Yoon Eun Hye, Park Min Young dan Lee Min Jung.

Menurut salah satu ahli make up artist Ando Maxi yang ditemui JPNN di salonnya di wilayah Jakarta Pusat, para wanita dan artis Korea terkenal memiliki wajah yang putih dan halus. Mereka jarang memakai make up dengan warna mencolok kecuali saat show. Namun, wajahnya tetap terlihat cantik dan segar.

"Kalau di Indonesia, beberapa jenis kosmetik Korea yang sering dipakai biasanya Etude dan Faceshop," kata Ando, Jakarta, Rabu (6/3).

Lalu jenis riasan seperti apa yang sering dipakai para wanita dan selebriti Korea agar tetap cantik? Tabir Surya, kata Ando, adalah salah satu yang dibutuhkan warga Korea.

Menurut Ando, perlindungan kulit dari pengaruh buruk sinar matahari disadari oleh warga Korea. Tak hanya wanita yang rajin menggunakan tabir surya atau sun block, para pria Korea tak keberatan memakainya. Penggunaan tabir surya tidak hanya menjaga agar warna kulit tetap rata, tetapi juga mencegah pengaruh buruk lain, seperti bintik hitam, flek dan penuaan dini

"Lihat aja, mereka terlihat kayak masih muda, padahal ada yang udah umuran banget, tapi kulitnya terawat banget," jelasnya.

Selain itu, para wanita Korea sering memakai BB Cream. Di Korea, krim ini makin dikenal karena banyak warga Korea yang melakukan operasi plastik. Pemakaian BB cream mempercepat pemulihan mereka. Menurut Ando Tekstur BB cream hampir sama dengan foundation, tetapi memiliki formula yang berfungsi sebagai pelembab, tabir surya, menghaluskan kulit, mencerahkan kulit, memperbaiki struktur kulit dan tampak alami saat dipakai.  Berbeda dengan foundation yang tampak berat seperti topeng.

Untuk di Indonesia, beberapa produsen kosmetik telah mengeluarkan produk BB cream. Hal ini sangat menguntungkan karena BB cream Korea cenderung sangat putih dan tidak cocok dengan warna kulit mayoritas wanita Indonesia.

"Alis juga penting untuk wanita. Coba perhatikan bentuk alis para wanita Korea, mereka biasanya  berbentuk alami. Ini beda dengan wanita Indonesia yang gemar mencabut atau mencukur alis hingga sangat tipis dan tinggal segaris saja. Malah jadi aneh," sambung Ando.

Wanita Korea, kata dia hanya merapikan  dengan pensil alis. Satu yang khas dari wanita Korea adalah dandanan yang simpel tanpa banyak warna. Senjata utama mereka adalah eyeliner. Mereka jarang memakai eyeshadow dengan banyak warna. Menurut Ando, mereka lebih suka memakai satu warna pastel yang sangat lembut. Hal ini bertujuan agar eyeliner yang mereka pakai lebih menonjol.

Untuk menampilkan wajah segar biasanya wanita Korea memakai blush on dengan warna alami seperti merah muda yang lembut. Sebenarnya, mereka lebih senang menonjolkan riasa mata dibanding memakai blush on.

"Untuk lipstik wanita Korea lebih menyukai lipstik yang sewarna dengan warna bibir mereka. Kadang mereka memakai warna merah muda atau coral. Kalau di Indonesia, ya harus mengikuti warna kulit juga," ungkapnya.

Menurut Ando, make up saja tak cukup untuk menjadi cantik. Perawatan kulit pun sangat penting. Wanita Korea sangat menyukai makanan yang direbus ketimbang gorengan. Oleh karena itu, tak heran jika kulit mereka selalu mendapat nutrisi dari makanan-makanan seperti sayur, tofu dan daging merah.

"Kalau perawatan luar, wanita Korea suka memakai masker beras, masker madu, masker walnut atau masker alami lainnya. Kalau di Indonesia, masker kan udah banyak, tinggal kita milih aja, mana yang menunjang kecantikan kulit kita sesuai iklim. Bengkuang dan kopi biasanya bagus untuk masker kulit," kata Ando sambil tersenyum. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pria-pria Kekar Diajari Manajemen Stres

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler