Tips Jitu Atasi Stres Saat Hamil

Kamis, 26 Maret 2015 – 14:21 WIB
health

jpnn.com - LONDON- Kehamilan memang menjadi dambaan semua wanita. Namun, ada kalanya wanita mengalami stres, emosi yang tak stabil atau tekanan berat saat mengandung sang buah hati.

"Stres selama kehamilan sangatlah umum. Tapi, stres berlebihan bisa mengakibatkan masalah serius bagi ibu atau bayi," kata peneliti Dr. Spencer Richlin, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (25/3).

BACA JUGA: Begini Caranya Bercinta Tanpa Membangunkan Si Kecil, Harus Dicoba!

Stres dapat memengaruhi risiko penyakit jantung dan penderitaan psikologis. Pada wanita hamil dan janin berkembang, mereka memiliki risiko yang unik. Yakni, bayi dengan berat badan yang rendah saat lahir. Selain itu, ada pula bahaya besar yang mengintai. Yakni, keguguran.

 

BACA JUGA: Konsumsi Yogurt Cegah Risiko Diabetes

Berikut tips mengatasi stress selama kehamilan.

1. Identifikasi stres Anda.

BACA JUGA: Cara Sederhana Ini Ampuh Sembuhkan Insomnia

Anda perlu mencoba untuk mengidentifikasi sumber stres sehingga bisa menyusun rencana pribadi dan mencoba rileks. Dengan mengidentifikasikan sumber ketegangan, Anda dapat meminimalisir efeknya.

2. Olah raga secara teratur.

Wanita hamil harus benar-benar melanjutkan kegiatan fisik favorit mereka, terutama jika itu adalah sesuatu yang telah dilakukan selama bertahun-tahun.

3. Bersandar pada sistem dukungan Anda.

Ketika Anda hamil, orang-orang di sekitar cenderung ingin menjaga Anda. Biarkan mereka dan bersandar pada mereka ketika Anda membutuhkan seseorang untuk diajak bicara.

4. Bicara dengan dokter

Dokter Anda mungkin memiliki sumber daya untuk membantu mengelola stres. Termasuk, rencana kebugaran khusus untuk kehamilan atau konselor terlatih dalam membantu perempuan mengatasi semua perubahan yang mereka alami.

5. Relaksasi

Dengan begitu banyak usaha untuk mempersiapkan bayi, ibu hamil kadang-kadang lupa untuk bersantai. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencoba yoga atau meditasi. (fny/jpnn)

 

 

 

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ingin Seks Lebih Greng? Konsumsilah 5 Makanan Ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler