Tips Memilih Mobil Rumah Berjalan, Silakan Disimak

Rabu, 26 April 2023 – 20:10 WIB
Mobil Rumah Berjalan. Foto: 51ststatetavern

jpnn.com, JAKARTA - Mobil rumah berjalan memang masih belum terkenal di Indonesia. Namun, kendaraan ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat luar negeri.

Kini mulai juga bermunculan vlogger dalam negeri yang mengadopsi konsep tersebut.

BACA JUGA: Selain 6 Mobil, Rumah Mewah Milik Bos First Travel di Sentul Disita

Dikenal dengan RV atau Recreational Vehicle, tentu berfungsi untuk rekreasi. Tidak hanya untuk perjalanan jarak jauh, tetapi bisa sebagai akomodasi pada perjalanan tersebut.

Banyak jenis kendaraan tersebut ditawarkan, mulai dari jenis-jenisnya, kelebihan, kekurangan, serta tips membeli secara tepat.

BACA JUGA: Oh, Cita Citata Curhat tentang Janji Dibelikan Mobil, Rumah, Berlian

Sebab sudah pasti membutuhkan biaya mahal untuk bisa mendapatkannya.

Berikut jenis Mobil Rumah Berjalan

BACA JUGA: The Elite Showcase 2023 Bakal Diramaikan Ratusan Mobil Modifikasi

1. Class A Motorhome

Class A Motorhome merupakan tipe mobil yang paling besar dan mewah. Biasanya dimiliki oleh keluarga kaya yang ingin hidup berbeda daripada biasanya.

Memiliki panjang sekitar 30-45 kaki dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti dapur, kamar mandi, ruang tamu, dan kamar tidur. Bisa dikatakan lengkap seperti rumah.

Meskipun ukurannya paling besar, Class A Motorhome dapat dengan mudah dikemudikan karena memiliki kemudi di bagian depan seperti mobil pada umumnya.

Dapat dikendarai dengan moda manual, semi matik, dan matik. Sudah pasti memiliki harga paling mahal. Namun, soal kenyamanan dalam berkendara, mobil rumah berjalan ini terbaik.

2. Class B Motorhome

Selanjutnya ada Class B Motorhome atau yang juga dikenal dengan nama van conversion. Tentu memiliki ukuran dan dimensi lebih kecil daripada Class A Motorhome.

Kendaraan ini biasanya dibuat dari van seperti Mercedes-Benz Sprinter atau Ford Transit. Jadi semacam dimodifikasi oleh pemiliknya demi keperluan perjalanan sekaligus akomodasi.

Meskipun ukurannya kecil, Class B Motorhome juga dilengkapi dengan fasilitas seperti dapur, kamar mandi, dan tempat tidur juga, tidak kalah bukan?

Bisa dikendalikan dengan moda manual, semi matic, dan matic. Pastinya untuk urusan harga sedikit lebih terjangkau daripada pilihan pertama, dikarenakan memang lebih kecil.

3. Class C Motorhome

Class C Motorhome merupakan tipe mobil rumah berjalan yang berukuran sedang. Setengah dari Class A yang mana tepatnya sekitar 20-30 kaki. Biasanya dibuat dari chassis truk seperti Ford E-Series atau Chevrolet C-Series.

Class C Motorhome dilengkapi dengan fasilitas keseluruhan hampir sama saja. Namun, hanya berbeda pada ukuran serta kualitas pastinya. Mungkin soal bahan serta rangka yang lebih buruk sebab harganya juga jauh lebih murah.

Namun, tidak masalah memulai perjalanan dengan Class C. Sebab, untuk urusan fasilitas sudah lengkap meski tidak dapat dikatakan sama atau bahkan jauh.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Rumah Berjalan

Meski memang menarik untuk dipilih, tetapi selalu ada kelebihan dan kekurangan pada mobil tersebut.

Kalian harus mempertimbangkan itu sebelum memutuskan untuk membeli, apalagi jika akan digunakan sebagai rumah utama, jelas perlu mempertimbangkan karena itu akan dipakai untuk sehari-hari.

1. Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki kendaraan mobil rumah berjalan seperti fleksibilitas, hemat, fasilitas lengkap, dan multifungsi

Selain itu, bisa digunakan untuk berlibur, camping, atau bahkan sebagai rumah utama, jadi bisa digunakan sesuai tujuan awal kalian.

2. Kekurangan

Kekurangan yang dimiliki kendaraan mobil rumah berjalan mulai dari harga super mahal, perlu biaya bahan bakar banyak, perlu tempat parkir besar, dan sulit ke daerah dijangkau.

Tips Memilih Mobil Rumah Berjalan

Kalau memang sudah yakin untuk memutuskan dalam membelinya, tidak mengapa karena itu juga merupakan pilihan investasi yang bagus untuk masa mendatang.

Tidak menutup kemungkinan model rumah seperti ini akan laris manis, sebab tanah juga akan habis dibeli banyak orang. Sehingga pilihan ini menjadi yang terbaik.

Makanya, jika ingin mendapatkan pilihan investasi terbaik, sebaiknya pastikan tepat dalam memilih sesuai tujuan, ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan.

Usahakan selalu memilih sesuai kebutuhan, berapa banyak orang yang akan dibawa saat melakukan perjalanan perlu dipertimbangkan dalam memilih mobil rumah berjalan tersebut.

Jadi jangan asal beli pilihan besar karena itu malah akan menyusahkan, selain itu jika memang ingin memilih fasilitas, pilih yang sekiranya memang benar-benar dibutuhkan, sesuaikan juga dengan tujuan.

Semisal tujuan ke daerah kota besar untuk perjalanan, tidak perlu yang terlalu lengkap dengan kamar mandi. Di samping itu juga selalu cek kondisi kendaraan secara teliti.

Pastikan membawa mekanik handal, itu semua demi memastikan apakah kondisi kendaraan layak untuk dikendarai, cek soal mesin, rem, dan suspensi demi kenyamanan.

Sementara itu pastikan juga sambungan listrik dan sistem air terpasang secara sempurna. Dari segi keamanan harus juga diperhatikan seperti adanya alarm untuk berjaga-jaga.

Kualitas pintu, kaca, dan sistem penguncian harus diperhatikan, mobil rumah berjalan akan semakin aman serta nyaman jika ada GPS tracker demi membuat perjalanan anti tersesat dan aman dari pencurian.

Memilih Destinasi dan Mengatur Rencana Perjalanan

Seseorang yang memiliki mobil rumah yang berjalan sudah pasti ingin berkelana melakukan traveling bersama keluarga, makanya untuk mendapatkan pengalaman terbaik harus direncanakan lebih dahulu.

Ini semua juga demi lebih menghemat biaya untuk perjalanan, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang banyak sepanjang perjalanan. Ini dia rencana yang harus kalian mulai perhatikan.

Setelah memilih mobil rumah berjalan sesuai dengan kebutuhan kalian, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih destinasi dan mengatur rencana perjalanan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Pilihlah Destinasi

Tentu saja tujuan perjalanan harus sesuai dengan minat kalian, apakah ingin berlibur ke gunung, kota-kota besar dunia, bahkan pantai, ini harus jelas agar bisa direncanakan lebih matang.

2. Rencana Perjalanan

Sementara sudah menentukan destinasi, kalian harus buat rencana perjalanan yang terperinci. Tentukan jarak tempuh, waktu tempuh, dan tempat-tempat yang akan dikunjungi memakai mobil rumah berjalan.

Selain itu, juga perhitungkan soal biaya juga, bagaimana cadangan bahan bakar demi berjaga-jaga saat memang tersesat ke entah berantah yang tidak ada sama sekali pengisian bahan bakar.

3. Perhitungkan Faktor Cuaca dan Musim

Sesudah merancang semua sedetail mungkin, faktor cuaca dan musim harus diperhatikan. Sebab, itu bukan hanya berpengaruh pada pengendara tapi juga mesin itu sendiri.

Ibarat kata bisa lebih membawa persiapan tentang apa yang mau dibawa, semisal musim dingin pasti harus membawa alat alat untuk musim dingin dan perlengkapan pribadi tentunya.

Semua itu sudah bisa dicek dengan bantuan dari Google, cuaca kini bisa diprediksi dan pastinya akurat. Hanya saja untuk lebih aman selalu bawa peralatan lengkap agar semua aman.

4. Siapkan Perlengkapan Tambahan

Siapkan juga peralatan dan perlengkapan yang diperlukan selama perjalanan. Misalnya, tenda, kursi lipat, perlengkapan memasak, dan peralatan mandi, itu semua akan berguna jika memang terpaksa harus berkemah.

Sebab, tidak mungkin juga sepanjang perjalanan berada di dalam mobil, manakala memang tidak mendukung sesekali pasti harus berteduh pada rumah konvensional yang terbilang lebih kokoh serta nyaman. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kontes Modifikasi Mobil BlackAuto Battle Seri Bali Bawa Banyak Kejutan


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler