Tips Menggunakan Softlens Secara Aman

Kamis, 28 Januari 2016 – 01:43 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Yahoo Health

jpnn.com - Semua wanita menginginkan penampilan terbaik sepanjang waktu. Penampilan cantik dan menawan adalah harapan bagi setiap wanita. Tidak jarang mereka menggunakan aksesoris untuk tubuh mereka. Salah satu aksesoris kecantikan yang saat ini tren adalah softlens.

Softlens selain bisa mempercantik diri juga bisa membuat mata menjadi lebih aman dari iritasi debu atau keringat. Tetapi salah memilih dan menggunakan softlens bisa membuat mata menjadi rusak.

BACA JUGA: Posisi Seks yang Tidak Disukai Pria

Berikut adalah tips menggunakan softlens dengan aman.

1. Temui dokter profesional

BACA JUGA: Ladies, Perhatikan 5 Hal ini Agar Dapat Tubuh Ideal

“Masalah sebenarnya dengan penggunaan softlens dimulai ketika Anda tidak menemui dokter mata Anda ketika Anda mulai menggunakan softlens, yang berwarna atau tidak," kata dokter mata, Dr. Steven Shanbom, MD, seperti dilansir laman Yahoo health, Minggu (24/1).

“Anda harus mempertimbangkan softlens Anda sebagai perangkat medis bukan mainan," jelas Shanborn.

BACA JUGA: Senam Rekreasi Solusi bagi Perempuan

Apa yang bisa salah?

“Jika Anda memiliki softlens yang terlalu ketat, melengkung atau terlalu pendek, maka hal ini bisa menempel dan tahan mata dan perlahan-lahan menyebabkan abrasi atau iritasi yang merupakan tempat bagi bakteri untuk masuk dan menyebabkan infeksi," kata Dr. Shanbom.

2. Gunakan lensa dari merek terkenal

Meskipun dimungkinkan untuk memesan kontak berwarna online atau membeli mereka di toko-toko tertentu, Dr. Shanbom memperingatkan bahwa setiap merek yang tidak memerlukan resep yang valid tidak bisa dipercaya.

“Jika Anda menemui profesional perawatan mata maka Anda akan mendapatkan produk yang aman,” ia menjelaskan.

Masalah dengan merek-merek yang belum diverifikasi adalah bahwa mereka dibuat menjadi satu ukuran yang cocok semua, tapi tidak semua kornea itu sama. Sama seperti kaki Anda memerlukan ukuran sepatu yang benar, bola mata Anda membutuhkan lensa yang cocok. Dengan memakai lensa kontak yang tidak benar sesuai mata Anda, Anda bisa beresiko iritasi, infeksi dan bahkan kebutaan jika Anda mendapatkan infeksi yang keluar dari kontrol.

3. Merawat dan Membersihkan Lensa

Tergantung pada bagaimana mereka diberi label, lensa harus selalu dibuang setelah waktu tertentu dan diganti dengan lensa segar. Dan Anda tidak harus membersihkan lensa Anda dengan apa pun selain membersihkan tangan dan solusi steril.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lukisan Ayam Beda Ekspresi ini Seharga Mobil Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler