Tips Tetap Sehat Setelah Usia 40 Tahun

Selasa, 02 Februari 2016 – 12:25 WIB
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - LONDON – Ketika sudah memasuki usia 40 tahun, Anda harus lebih berhati-hati menjalani pola hidup. Tubuh dan daya tahan Anda tentu sudah tak sekuat saat masih menginjak 30 tahun.

Salah satu yang mesti diperhatikan ialah asupan makanan. Anda tak boleh sembarangan menyantap makanan agar tetap sehat. Berikut beberapa langkah tetap sehat ketika usia memasuki 40 tahun seperti dilansir laman Sheknows, Senin (1/2).

BACA JUGA: Hindari 3 Faktor Penyebab Diabetes Ini

1. Makan untuk energi

Makan untuk energi daripada kesenangan adalah kunci untuk setiap rencana diet yang sukses. Menjadi luar biasa di usia 40 tahun tidak terjadi begitu saja. Kita harus mewujudkannya.

BACA JUGA: Ada Replika Sun Go Kong di Singkawang

2. Jangan terlalu sering konsumsi makanan manis

Hindari konsumsi makanan manis terlalu sering untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama kesehatan gigi. Gula yang berlebihan tentu tidak bagus untuk tubuh Anda.

BACA JUGA: GIPI: Wisman Naik, Okupansi Hotel Naik, Investasi Naik

3. Jaga kondisi hormon

Hormon bisa mendatangkan malapetaka pada tubuh kita, terutama ketika memasuki usia 40 tahun. Kebanyakan wanita perimenopause (waktu empat sampai lima tahun sebelum menopause) mulai mengalami fluktuasi hormonal dan gejala.

Di antaranya ialah perubahan suasana hati, libido rendah, hot flashes, menstruasi yang tidak teratur, vagina kering dan masalah kognitif.  Dengarkan tubuh Anda. Hindari pemicunya seperti panas, makanan pedas, alkohol, kafein dan merokok. (fny/jos/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tips Agar Kerja Lembur tak Ganggu Asmara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler