TNI AL dan Jalasenastri Sukses Gelar Bakti Sosial

Rabu, 16 Agustus 2017 – 04:15 WIB
Ketum Dharma Pertiwi, Ny. Nenny Gatot Nurmantyo dan Ketum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi melihat langsung bakti sosial kesehatan di Lapangan III Rumah Dinas TNI AL RRS Bulak Banteng, Wonosari, Surabaya. Foto: Dispenal

jpnn.com, SURABAYA - TNI Angkatan Laut dan Jalasenastri (organisasi para istri prajurit TNI AL) menggelar bakti sosial di Lapangan III Rumah Dinas TNI AL, Rumah Sangat Sederhana (RRS) Bulak Banteng, Wonosari, Surabaya, Senin (14/8) lalu.

Bakti sosial tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny. Nenny Gatot Nurmantyo didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi dan seluruh anggota Jalasenastri wilayah Jakarta dan Surabaya serta Pengurus Pusat Dharma Pertiwi.

BACA JUGA: Avando Bastari Resmi Jabat Komandan STTAL

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan menjelang puncak peringatan HUT Ke-71 organisasi Istri-Istri Angkatan Laut Jalasenastri tahun 2017. Acara ini merupakan bakti sosial yang kedua. Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan serupa di Desa Tambak Lorok, Semarang pada tanggal 12 Agustus lalu.

BACA JUGA: Danlanal Cilacap Sambut Menteri Susi

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi mengatakan melalui kegiatan bakti sosial ini, diharapkan akan meningkatkan semangat kesatuan dan persatuan yang kokoh, kepedulian yang besar di antara TNI AL, Jalasenastri dan masyarakat.

“Bakti sosial ini tidak akan berjalan lancar dan sukses tanpa adanya kerja sama dan bantuan semua pihak. Saya selaku Ketua Umum mengucapkan terima kasih atas segala bantuannya kepada Pangarmatim, Lantamal V, Dispotmar, rekan-rekan Lion Club, Nestle, BNI 46 serta Pundi Amal SCTV,” ungkap Ny. Ade Supandi.

BACA JUGA: Pangarmabar Dari Masa Ke Masa Gelar Olahraga Bersama

Hal senada disampaikan oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nenny Gatot Nurmantyo. Istri Panglima TNI ini mengatakan dirinya merasa bangga dan sekaligus memberikan apresiasi dengan adanya kegiatan ini.

“Saya bangga dan memberikan apresiasi kepada jajaran TNI AL dan Jalasenastri, karena memiliki kepedulian sosial yang tinggi kepada masyarakat khususnya di Rumdis TNI AL RRS Bulak Banteng, Wonosari ini,” ujarnya.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) melaporkan, kegiatan Bakti sosial TNI AL dan Jalasenastri ini telah melayani sebanyak 1.300 pasien pengobatan gratis. Mereka terdiri dari 577 pasien pengobatan umum, 535 pasien donor darah, 67 pasien khitanan, 30 pasien bedah minor, 57 pasien KB (pemasangan implan). Selain itu, 150 pasien pemeriksaan labolaturium, 575 pasien periksaan dan penyuluhan gigi, 119 pasien refraksi mata, 96 pasien pelayanan kesehatan gigi umum, 150 pasien pemeriksaan telinga dan pengobatan akupuntur/refleksi.

Selain melaksanakan pengobatan gratis, Ketum Dharma Pertiwi yang didampingi Ketum Jalasenastri memberikan bantuan 20 kursi roda, 20 alat bantu dengar kepada keluarga besar TNI AL, pemberian bingkisan sembako pada masyarakat yang membutuhkan, bantuan alat-alat sekolah dan obat-obatan, pemberian santunan bagi 575 anak yatim. Juga pemberian kipas angin kepada SDN 13,14,15 Ujung dan SD Hang Tuah 3 dan 12 Ujung, penyerahan santunan duka kepada 267 Wakakauri (Janda) Keluarga TNI AL dan penyerahan Watzah dari Mabesal kepada 106 keluarga Prajurit TNI AL.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan demo cuci tangan dan sikat gigi yang dilaksanakan siswa siswi SDN 13, 14, 15 Ujung serta SD Hang Tuah 3 dan 12 Ujung.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, diantaranya Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana Ny. Sita Mulyono, Ketua Umum Pia Ardhya Garini Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Ina A. Taufiquerrohman, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur diwakili oleh Wakil Ketua II Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Ibu Yuliati Khairani Ahmad Sukardi, Wali Kota Surabaya diwakili oleh Kepala Dinas BP5A Kota Surabaya Nanis.

Hadir pula Panglima Armada Timur Laksamana Muda TNI Darwanto, Aspotmar Kasal Brigjen TNI (Mar) Gatot Triswanto, Kadiskesal Laksamana Pertama TNI drg. R.A Nora Lelyana, MH.Kes serta pejabat terkait lainnya.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asyik, Para Komandan Bernostalgia di Geladak KRI Dewaruci


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler