TNI AL dan Pemprov Sumbar Menginisiasi Aksi ‘Merendang Sedunia’, Rekor!

Minggu, 22 Agustus 2021 – 09:05 WIB
Perwakilan MURI menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Komandan Lantamal II Laksma TNI Hargianto dan sejumlah pihak yang aksi "Merendang Sedunia?" di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (21/8). Foto: Dispenal

jpnn.com, PADANG - Jajaran TNI AL melalui Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar atau Pemprov Sumbar menginisiasi aksi ‘Merendang Sedunia’.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo secara virtual pada Sabtu (21/8). 

BACA JUGA: TNI AL Wilayah Surabaya Sediakan Fasilitas untuk Pasien Covid-19

Sebanyak lebih dari 2.450 peserta zoom mengikuti kegiatan ini dan berhasil mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam hal memasak rendang dengan peserta terbanyak.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan MURI menyerahkan penghargaan tersebut kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Komandan Lantamal II Laksma TNI Hargianto, dan Ketua Bulog Sumbar Tommy Despalingga di Mako Lantamal II Padang.

BACA JUGA: KRI Pollux-935 Perkuat Jajaran Kapal Survei Hidros-Oseanografi Pushidrosal TNI AL

Sedangkan Sertifikat MURI secara nasional diterimakan di Jakarta oleh Ny. Nanny Hadi Tjahjanto selaku Ketua Umum Dharma Pertiwi.

Kegiatan ini juga diikuti Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo, Ketua umum Persit Kartika Chandra Ny Hetty Andika Perkasa, Ketua umum Jalasenastri Ny Vero Yudo Margono, Ketua Umum Pia Argarini Ny Inong Fajar dan organisasi kewanitaan lainya. serta perwakilan Duta Besar Indonesia di beberapa Negara.

BACA JUGA: KSAL Meluncurkan KRI Golok-688 yang Sulit Dideteksi Radar Musuh

Melalui vicon Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo mengungkapkan di tahun 2011, Rendang telah dinobatkan sebagai hidangan terlezat dalam daftar 50 hidangan di dunia oleh CNN Internasional.

Oleh karena itu, Ibu Negara menginginkan agar Rendang juga diakui oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) dan dunia.

“Target kita adalah rendang bisa dinobatkan Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia oleh UNESCO," kata Ibu Negara pada "Virtual Memasak Rendang Se-Dunia", dalam rangka pencatatan rendang sebagai warisan budaya dunia dari Sumatera Barat, Indonesia ke UNESCO.

Sementara itu, di Mako Lantamal II para Forkopimda Sumbar beserta prajurit TNI AL ikut memasak rendang dengan perlengkapan yang sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara.

Kegiatan ini merupakan bentuk kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya Minang.

Sebab, upaya Danlantamal agar makanan Rendang yang merupakan makan terlezat di dunia menurut majalah CNN bisa masuk dan diakui di Unesco sebagai Warisan Budaya Non Benda.

Selain Gubernur Sumbar H Mahyeldi Ansharullah, turut hadir di Lantamal II yaitu para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yakni Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Danrem 032/WBR Brigjen TNI Arief Gajah Mada, Danlanud Sutan Syahrir  Kolonel Pnb M.R.Y Fahlefie, Wali Kota Padang Hendri Septa.(fri/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler