TNI AL Gandeng UMKM untuk Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Senin, 10 Januari 2022 – 09:24 WIB
TNI AL membantu meringankan beban masyarakat khususnya pelaku UMKM yang sedang mengalami kesulitan dalam mencari nafkah di tengah pandemi Covid-19. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI AL dalam setiap kegiatannya selalu menggandeng para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan mendatangkan para pedagang kaki lima yang ada di lingkungan kerja TNI AL.

Langkah tersebut sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk mempercepat pemulihan perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19.

BACA JUGA: TNI AL & Pemprov Jatim Merenovasi 132 Rumah Warga di Pesisir, Bupati Lamongan Merespons

Keterlibatan para pelaku UMKM tersebut sebagai upaya TNI AL untuk membantu meringankan beban masyarakat yang sedang mengalami kesulitan dalam mencari nafkah di tengah pandemi Covid-19 yang telah melanda sekitar 2 tahun belakangan ini.

Hal ini sesuai dengan instruksi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono yakni di mana pun prajurit TNI AL berada harus dapat membantu dan memberikan manfaat di lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA: Laksamana Madya TNI Nurhidayat Sebut Pengawak Alutsista TNI AL, Ada Apa?

Oleh sebab itu, upaya dan program yang telah diinisiasi oleh pemerintah perlu diperkuat dan didukung oleh berbagai pihak, terutama TNI AL yang telah melakukan langkah strategis dalam mendukung program pemerintah.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada bulan Maret 2021, jumlah UMKM mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61,07 persen sehingga dapat dinilai bahwa UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

BACA JUGA: BRI Dorong Pemulihan Ekonomi lewat Ekspansi Penyaluran Kredit UMKM 2022

UMKM sangat berperan dalam pemerataan tingkat perekonomian rakyat karena berada di berbagai tempat.

UMKM turut serta membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan masyarakat dan menekan jumlah pengangguran, sehingga angka penyerapan tenaga kerja terhitung tinggi.

Oleh sebab itu, TNI AL merasa perlu untuk turut serta membantu para pelaku UMKM dengan cara melibatkan mereka dalam setiap kegiatan-kegiatan TNI AL.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler