TNI Berduka, Prada Saiful Anwar Tewas Secara Tragis, Disaksikan Teman-Teman Korban

Selasa, 23 Agustus 2022 – 11:09 WIB
Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jenazah seorang personel TNI usai tenggelam di Pantai Nirwana, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa (23/8/2022) (ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari)

jpnn.com, KENDARI - Prada Muh Saiful Anwar, personel TNI Babinsa Ramil 1413-04/Mawasangka Dim 1413/Buton ditemukan tewas tenggelam di Pantai Nirwana Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Setelah dua hari dilakukan operasi pencarian, jasad Prada Saiful Anwar dievakuasi petugas kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

BACA JUGA: Putri dan Irjen Ferdy Sambo Berkumpul dengan Para Ajudan: Siapa yang Berani Menembak Brigadir J?

"Pada pukul 08.55 Wita korban ditemukan oleh Tim SAR Gabungan di kedalaman 35 meter dalam keadaan meninggal dunia sekitar 30 meter dari lokasi terakhir korban dilaporkan hilang," kata Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi dalam keterangan tertulis, Selasa.

Jenazah personel TNI tersebut ditemukan setelah Basarnas menurunkan sebelas orang penyelam yang dibagi di tiga titik lokasi penyelaman untuk melakukan penyisiran di sekitar lokasi korban dilaporkan hilang dengan luas area pencarian 2,5 mil laut.

BACA JUGA: Buntut Pembunuhan Brigadir J, Eks Kapolres Jaksel Dijebloskan ke Mako Brimob

Tim SAR gabungan kemudian mengevakuasi jenazah korban ke Rumah Sakit Umum Palagimata Baubau untuk diautopsi.

Aria menyebut sebelumnya pada Senin (22/8) sekitar pukul 16.30 WITA korban bersama rekannya tiba di vila Pantai Nirwana dalam rangka mengecek kesiapan kamar untuk kunjungan tamu penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

BACA JUGA: Teri Berkali-kali Menyebut Nama AKBP Jerry Siagian dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J

Saat itu korban bersama rekannya mandi-mandi di sekitar dermaga vila Pantai Nirwana.

Namun, sekitar pukul 17.15 WITA pada saat korban mandi-mandi, Prada Muh Saiful Anwar terseret arus dan tenggelam.

"Rekan korban berusaha menolong, namun karena arus pada saat itu deras, korban tidak dapat diselamatkan oleh rekannya," ujar Aris.

Kejadian tersebut selanjutnya dilaporkan ke Basarnas Kendari oleh Dandim 1413/Buton Letkol ARM Muhammad Faozan sekitar pukul 17.30 Wita.

Berdasarkan laporan tersebut, Tim Penyelamat Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju lokasi korban dilaporkan hilang untuk memberikan bantuan SAR.

Namun, setelah penyisiran bersama unsur yang terlibat hingga pukul 20.00 Wita dengan hasil nihil, sehingga pencarian dihentikan sementara.

Tim SAR gabungan terdiri atas Tim Penyelamat Pos SAR Baubau, Kodim 1413/Buton, Polair Polres Baubau, Pos AL Baubau, PMI Baubau dan komunitas penyelam Baubau melanjutkan operasi pencarian pada Selasa (23/8) sekitar pukul 06.30 WITA.

Namun, Prada Saiful Anwar ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Dengan ditemukannya korban tersebut, operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup, seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing," kata Aris. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler