TNI Gelar Pengobatan Gratis di Pulau Panjang

Senin, 25 September 2017 – 08:49 WIB
Salah seorang ibu dari 2.500 orang mendapat pengobatan gratis dari TNI di Desa Pulau Panjang Kecamatan Pulau Ampel Kelurahan Pasir Putih Kabupaten Serang, Banten. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, SERANG - Sebanyak 2.500 orang mendapat pengobatan gratis dari TNI di Desa Pulau Panjang Kecamatan Pulau Ampel Kelurahan Pasir Putih Kabupaten Serang, Banten, Jumat (22/9), pekan lalu.

Pengobatan gratis ini menggunakan KRI dr. Soeharso 99 yang merupakan rangkaian kegiatan Bakti Sosial (Baksos) TNI dalam rangka HUT Ke-72 TNI Tahun 2017. Pelayanan pengobatan tersebut dipimpin oleh Kadiskesal Laksma TNI Drg R.A Nora Lelyana, MH. Kes. selaku Koordinator Pelaksana.

BACA JUGA: Jelang HUT Ke-72, TNI Gelar Bakti Sosial Kesehatan

Di sela-sela kegiatannya Nora Lelyana menyampaikan pelaksanaan Baksos ini mendapatkan respons masyarakat di daerah Serang yang sungguh luar biasa.

BACA JUGA: Dulu, TNI di Titik Kepercayaan Terendah, Kini Tertinggi

Ia menuturkan sehari sebelumnya hanya sekitar 200 lebih yang mendaftar, namun keesokannya mengalami peningkatan lebih dari 400 warga.

Lebih lanjut, Kadiskesal mengatakan TNI bekerja sama dengan seluruh elemen pemerintah terkait, bahu membahu membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan. Dengan menggunakan KRI dr. Soeharso, TNI berusaha menjangkau daerah-daerah yang sulit dalam akses kesehatan seperti di Pulau Ampel ini.

BACA JUGA: KRI Soeharso Berangkatkan Tim Baksos Kesehatan TNI

“Kita hadirkan semua dari mulai pengobatan sampai spesialis lengkap untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat. Kita juga membawa 271 dokter spesialis di KRI dr. Soeharso,” ungkapnya seperti siaran pers Puspen TNI.

Dalam kesempatan tersebut, Nora Lelyana menyampaikan bahwa tujuan khusus Baksos TNI adalah mewujudkan masyarakat sehat dan mendukung program Presiden RI yaitu program masyarakat sehat.

“Tidak bisa hanya satu instansi, tapi semuanya harus bersinergi termasuk TNI yang merupakan bagian dari rakyat, kita hadir di pulau-pulau yang sulit terjangkau,” imbuhnya.

Laksma TNI Nora juga menyatakan bahwa dalam operasi Rumah Sakit Angkatan Laut, sudah biasa menemukan kasus-kasus sulit, seperti kasus yang membutuhkan penanganan khusus. Kalau memang membutuhkan perawatan lebih lanjut akan merujuk ke Rumah Sakit TNI yang ada.

“Kegiatan Baksos di Pulau Panjang ini terdiri dari khitanan, pengobat gigi dan pengobatan umum serta menyerahkan 10 kursi roda dan 500 paket sembako. Kemudian ada 65 poli1 khitan, 43 poli gigi, 514 poli umum, dengan jumlah penduduk 2.500 orang terdiri dari 1.300 KK,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Kadiskesal selaku Koordinator pelaksanaan Baksos TNI menjelaskan bahwa kegiatan Baksos merupakan kemanunggalan dan peran aktif TNI bersama Rakyat TNI kuat, kegiatan ini akan dilaksanakan di pulau-pulau yang berada di wilayah Provinsi Banten. Di antaranya Pulau Panjang, Pulau Tunda, Ujung Kulon dan puncaknya di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon Banten pada tanggal 28 September 2017.

“Kegiatan pengobatan ini langsung ditangani ditempat, apabila ada masyarakat yang belum dapat pengobatan bisa mendaftarkan lagi dan tentunya akan ditindaklanjuti pada kesempatan berikutnya,” tandasnya.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bakti Sosial Memperkokoh Kemanunggalan TNI dengan Rakyat


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler