TNI Mengerahkan Kendaraan Tempur Tank Ambulans untuk Vaksinasi 

Rabu, 25 Agustus 2021 – 11:01 WIB
Suasana vaksinasi COVID-19 di dalam tank tempur ambulans di halaman kantor Kodim 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (24/8/2021).

jpnn.com, MAKASSAR - Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan, melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan cara yang unik. Jajaran TNI memanfaatkan tank tempur ambulans sebagai tempat melakukan vaksinasi untuk warga setempat. 

Mobil tank ambulans tersebut berjenis AMX 13 VCTB. 

BACA JUGA: Kia Segera Produksi Kendaraan Tempur untuk Militer Korea Selatan

Ini merupakan tank ambulans pertama di Indonesia dilengkapi dengan peralatan medis darurat serta tim kavaleri TNI AD

Tank ambulans ini masuk sebagai kategori kendaraan khusus lapis baja.

BACA JUGA: KSAL Meluncurkan KRI Golok-688 yang Sulit Dideteksi Radar Musuh

Penggunaan kendaraan tempur jenis tank ambulans itu dilakukan untuk menarik minat dan perhatian warga agar mau mengikuti vaksinasi. 

Selain merasakan vaksinasi di dalam tank, masyarakat juga dapat secara langsung melihat kendaraan taktis milik TNI tersebut.  

BACA JUGA: Jenderal Andika: Tactical Satellite Communication TNI AD Membuat Komunikasi Antarsatuan Terintegrasi

"Ini salah satu cara kami menarik perhatian masyarakat agar mau divaksinasi, sekaligus memanfaatkan momen bisa melihat langsung kendaraan taktis milik TNI," ujar Komandan Kodim 1408/BS Makassar, Kolonel Kav Dwi Irbaya di Makassar, Selasa (24/8). 

Kolonel Dwi menjelaskan bahwa tank ambulans itu biasa digunakan di medan perang untuk mengevakuasi prajurit yang terluka saat perang berlangsung. 

Namun, demi merangsang minat masyarakat agar mau divaksin, mobil tank ambulans pun dikeluarkan sekaligus rangkaian perayaan HUT RI ke-76 tahun.

Lebih lanjut Dwi menjelaskan untuk tahap pertama ini, pihaknya menyediakan 500 dosis vaksin. Selanjutnya pada tahap kedua nanti, disiapkan 600 dosis vaksin dengan merek Sinovac. 

"Vaksinasi gratis ini bagian dari upaya membantu pemerintah untuk percepatan vaksinasi agar masyarakat bisa terlindungi dari Covid-19, termasuk upaya kita bisa terlepas dari pandemi," tambahnya.

Rian, salah satu peserta mengatakan berani  mengikuti vaksinasi karena ingin terlindungi dari serangan virus corona. 

Selain itu, vaksinasi kali ini sangat menarik karena dilaksanakan di dalam tank ambulans perang milik TNI.

"Sangat senang sudah divaksin. Awalnya deg-degan, tetapi setelah disuntik akhirnya lega. Pelayanan juga sangat ramah. Ini baru vaksin dosis tahap pertama," katanya.

Beberapa warga usai mengikuti vaksinasi, langsung berswafoto dengan latar belakang mobil tank ambulans tersebut. Selain menarik perhatian juga sebagai kenang-kenangan mereka, karena sangat jarang kendaraan taktis TNI dikeluarkan, kecuali pada momen tertentu saja. (antara/jpnn) 

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler