Tol Brebes - Pemalang Bakal Digratiskan saat Mudik Lebaran

Minggu, 27 Mei 2018 – 13:29 WIB
Petunjuk Tol Pemalang-Brebes yang sudah terpasang. Foto: Sulung Pamanggih/Radar Pemalang

jpnn.com, PEMALANG - Para pemudik yang melintasi jalan tol ruas Pejagan - Pemalang seksi III dan IV jelang Lebaran mendatang tak akan dipungut biaya. Sebab, ruas tol sepanjang 37 kilometer itu masih dalam tahap uji kelaikan.

Kepala Proyek Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR) Seksi III dan IV PT Waskita Karya Benni Panjaitan menargetkan pekerjaan jalan bagian dari Tol Trans Jawa itu bisa tuntas seluruhnya pada 5 Juni mendatang. "Karena belum ada tarif tolnya, maka mulai dari Brebes-Tegal-Pemalang sampai Ngalian, Semarang gratis," ujarnya seperti diberitakan radartegal.com.

BACA JUGA: Rest Area Tipe B di Ruas Brebes Timur Tanpa ada SPBU

Untuk mempermudah pengaturan lalu lintas, pertigaan jalan setelah gerbang tol Tegal yang berada di Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal akan dilengkapi traffic light. Saat ini, tiang lampu pengatur lalu lintas itu sedang dalam proses pemasangan.

"Kabelnya sudah ada. Tinggal dipasang saja tiangnya," katanya.

BACA JUGA: Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Siap Untuk Mudik 2018

Selain itu, pekerjaan lainnya adalah pemasangan lampu mata kucing setiap empat meteri di sepanjang tol. Padahal sebelumnya, lampu mata kucing dipasang setiap 25 meter.

"Ini sedang kami kebut. Untuk rambu-rambu lalu lintas sudah datang semua. Tapi belum terpasang semua," ujar Benni.

BACA JUGA: Tol Sewaka-Gandulan Bakal Digratiskan bagi Pemudik

Menurutnya, rambu-rambu yang belum terpasang sekitar 30 persen. Itu khusus rambu yang kecil-kecil.

Sedangkan rambu besar seperti portal dan petunjuk arah, sudah terpasang semua. Sementara untuk lampu penerangan jalan, sedang dalam proses pemasangan kabel.

"Kami sedang memasang sisa-sisa kabel dan panel distribusi. Dari PLN sudah tersambung," terangnya

Selain itu, gerbang tol pembayaran darurat yang semula berada di Gandulan, Pemalang dipindah ke ruas Tol Kertasari Kabupaten Tegal. Dengan demikian pemudik dari arah Jakarta hanya akan membayar tol sampai Brebes Timur atau Barat.

Khusus pemudik yang masuk melalui Brexit menuju arah Semarang tidak perlu membayar tol. "Gerbang Tol darurat awalnya di Gandulan. Namun, dipindah ke Kertasari," kata Kepala Teknik Tol Pejagan - Pemalang PT Waskita Karya Arif Prayogi.(muj/yer/ima/zul/jpg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tol Pejagan-Pemalang Sudah 90 Persen, Akhir April Kelar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler