Tol Cikapali Dioperasikan, Kabupaten Cirebon Diuntungkan

Senin, 15 Juni 2015 – 02:39 WIB

jpnn.com - CIREBON – Keberadaan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo dianggap akan sangat menguntungkan Kabupaten Cirebon. Karenanya, Pemkab Cirebon pun akan membangun dan memperbaiki infrastruktur untuk menunjang akses ke jalan tol terpanjang di Indonesia itu.

Menurut Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra, daerah yang dipimpinnya akan mendapatkan banyak kemudahan di bidang perekonomian dengan adanga Tol Cikapali. Misalnya, kemudahan dalam distribusi barang.

BACA JUGA: Ajukan Permohonan Transmigrasi, 40 KK di Banyumas Tunggu Kebijakan Pusat

“Ke depan kita akan lakukan pembangunan, sehingga memengaruhi perkembangan ekonomi (di Cirebon, red),” ujar Sunjaya seperti dikutip Radar Cirebon (JPNN Group).

Menurutnya, Kabupaten Cirebon memiliki banyak hasil usaha yang menjajikan seperti rotan, kerang, dan mangga gincu. Karena itu, Sunjaya meyakini tol Cikapali akan berdampak positif pada distribusi barang dan jasa dari Cirebon ke Jakarta maupun sebaliknya.

BACA JUGA: Erupsi Sinabung, 6.179 Jiwa Warga Sekitar Bakal Diungsikan

Hal senada diungkapkan Kasie Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Cirebon, Dini Dinarsih. Ia menganggap keberadaan tol sangat penting, terutama terkait distribusi barang.

“Misalnya untuk mengirimkan hasil perkebunan ke luar kota, ini kan lebih mudah. Karena jarak tempuhnya dekat, sehingga kualitas dari hasil panen, khususnya sayuran tetap terjaga,” tuturnya.

BACA JUGA: Yudi Tak Pernah Palak Politikus Gerindra

Ia mengakui, tol Cikapali memang mematikan perekonomian masyarakat yang berjualan di sepanjang Jalur Pantura. Namun, Tol Cikapali juga akan mendongkrak kepariwisataan Cirebon, termasuk dalam hal kuliner khas setempat. “Semua sektor akan merasakan dampak positifnya dengan adanya akses jalur tol Cikapali,” katanya optimis. (JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jika Ormas Betindak Nekat di Bulan Ramadan, Polisi Siap Tindak Tegas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler