Tomcat Sudah Sampai Serpong

Bayi 7 Bulan Terkena Sengatan

Sabtu, 24 Maret 2012 – 03:53 WIB

TANGSEL - Setelah masyarakat Surabaya, Jawa Timur, diresahkan dengan serangan gigitan serangga tomcat atau paederus riparius. Jumat (23/3) serangga itu sampai ke Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Pasalnya, seorang bocah berinisial Az, (7 bulan), warga Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel terluka akibat disengat serangga yang tengah menghebohkan tersebut.
    
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel Dadang M Epid mengakui adanya serangan tomcat terhadap seorang warganya. Dia juga mengaku, tomcat menyeranga seorang balita berdasarkan laporan Puskesmas Serpong Utara.

"Informasi yang kami terima, seorang balita berusia tujuh bulan positif diserang tomcat," terang Dadang saat dihubungi kemarin (23/3).
    
Dadang menyatakan, Az tidak perlu dirawat di rumah sakit. Pasalnya, puskesmas setempat telah mengobati balita tersebut. Dia diberikan obat toksin alergi anti racun serangga. Sehingga sengatan tomcat tidak membahayakan jiwanya.

"Az tidak perlu dirawat di rumah sakit. Kalau terjadi infeksi dari gigitan tomcat, tinggal diberikan salep anti alergi sesuai resep dokter," cetusnya juga.

Untuk diketahui, Az diduga disengat tomcat saat bermain di taman kota yang berada dekat rumahnya tanpa pengawasan kedua orang tuanya.  Dadang juga menegaskan serangga tomcat tidak selalu bersarang di lingkungan pada area persawahan dan perkebunan.

Menurunya, di tengah keramaian kota besar seperti Kota Tangsel, serangga ini bisa menyusup. Misalnya, ke taman kota dan ke tengah-tengah pemukiman warga. Pasalnya, tomcat bisa terbang dan berpindah tempat.

Diprediksi, serangga itu bermutasi dari lahan persawahan di pinggiran Kota Tangsel lalu hinggap di sekitar taman kota. Bisa juga ke pemukiman warga. "Taman kota memang menjadi tempat tinggal tomcat. Tapi saya tegaskan sengatan tomcat tidak perlu dikuatirkan berlebihan," tegasnya.
    
Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaini mengatakan hingga saat ini belum ditemukan warganya yang menderita penyakit gatal-gatal akibat gigitan serangga tomcat.  "Sampai saat ini belum ada laporan pasien akibat serangan tomcat di wilayah Kabupaten Tangerang," ungkapnya. (gin/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bank BNI Rawamangun Terbakar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler