Tony Parker Perpanjang Napas Spurs

Rabu, 07 Maret 2018 – 09:55 WIB
Tony Parker melewati guard Grizzlies Kobi Simmons saat laga di San Antonio, Senin (5/3). Foto: AP

jpnn.com, SAN ANTONIO - Point Guard senior Tony Parker berhasil menjaga asa San Antonio Spurs untuk masuk babak play-off musim ini. Penampilan cemerlangnya membawa Spurs menaklukkan Memphis Grizzlies di AT&T Center, San Antonio, Texas, Senin (5/3).

Kemenangan tipis 100-98 ini sedikit meredam tren buruk performa Spurs dalam sepuluh pertandingan terakhir. Parker sendiri mengakhiri pertandingan dengan 23 poin.

BACA JUGA: Ukir Rekor, Houston Rockets jadi Tim Paling Hot di NBA

Hasil ini membuat peringkat Spurs terkerek satu peringkat ke posisi lima wilayah barat dengan rekor 37-27.

Sebelumnya, rekor 2-8 dalam sepuluh laga terakhir membuat tim asuhan Gregg Popovich terperosok dari posisi tiga ke enam wilayah barat.

BACA JUGA: Wajah Baru Cleveland Cavaliers Libas Boston Celtics 121-99

Ini tercatat menjadi kali pertama dalam 21 tahun terakhir Spurs dalam posisi terancam gagal lolos playoff.

Spurs kini menduduki posisi lima pasca unggul persentase kemenangan tipis atas Minnesota Timberwolves. Spurs punya rekor 37-27 (57,8%). Sementara Timberwolves 38-28 (57,6%).

BACA JUGA: Thunder Sikat Warriors di Oracle Arena

Persaingan menuju playoff dari barat makin ketat. Pasalnya, tim-tim di posisi tujuh sampai sepuluh yakni Oklahoma City Thunder, Denver Nuggets, Los Angeles Clippers, dan Utah Jazz juga memiliki rekor kemenangan di atas 50 persen.

“Di kuarter keempat, kami melakukan defense lebih baik dari yang kami punya. Tapi kami masih melakukannya dengan berat,” ucap Popovich dilansir ESPN.

“Untungnya kami menang. Itu yang penting,” tambah pelatih 69 tahun tersebut.

Defense lebih kokoh Spurs berasal dari kembalinya power forward LaMarcus Aldridge. Di dua laga terakhir pemain 32 tahun tersebut masih diganggu cedera engkel kaki kanan.

Hasilnya mereka tumbang berturut-turut dari New Orleans Pelicans dan Los Angeles Lakers.

Meski hanya mencetak tujuh poin, Aldridge maksimal dalam menjaga paint area. Dia membuat delapan rebound. Defense solid Spurs membuat Grizzlies banjir kesalahan sendiri dengan membuat 20 turnover. Sementara Spurs hanya 12.

Tiga besar pemain Spurs yang paling tokcer kemarin malah datang dari bangku cadangan. Selain Parker yang membuat 23 poin, ada center Davis Bertans dan shooting guard Danny Green yang masing-masing mencetak 17 dan 14 poin.

Satu-satunya starter Spurs yang mampu mencetak double digit adalah small forward Kyle Anderson dengan 11 poin. “Tony (Parker) menemukan ritmenya malam ini (kemarin, red),” ucap Green.

“Kami sedikit memberinya screen, membuatnya dalam posisi terbuka, lalu dia mulai menghabisi lawan,” tambahnya.

Hasil ini sekaligus memutus empat kekalahan beruntun Spurs di kandang sendiri. Selain itu, ini juga menjadi modal penting sebelum mereka menjalani rentetan tiga partai tandang berat ke markas Golden State Warriors (9/3), Oklahoma City Thunder (11/3), dan Houston Rockets (13/3).

Di lain sisi, kekalahan kemarin membuat Grizzlies takluk di 14 laga terakhir beruturut-turut. Kini Mereka ada di posisi paling dasar wilayah barat (15) dengan rekor 18-45. (irr)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aduh! Tangan Kiri Kevin Love Patah


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler