Top, RSUD Abdul Aziz Singkawang Meraih Akreditasi Paripurna Bintang Lima

Senin, 26 Desember 2022 – 20:30 WIB
Gedung RSUD Abdul Azis Singkawang (Antara/Rudi)

jpnn.com - PONTIANAK - Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz Singkawang di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) meraih akreditasi paripurna bintang lima.

Penilaian itu diberikan oleh lembaga penilaian akreditasi Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

BACA JUGA: Innalillahi, Babe Ridwan Saidi Awalnya Ditemukan Koma, Lalu Dibawa ke Rumah Sakit

Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang Achmad Hardin menjelaskan bahwa sebelumnya pihaknya juga pernah mendapat akreditasi paripurna yang kedua.

“Namun, pada akreditasi yang ketiga, bintang kami turun menjadi bintang empat. Alhamdulilah, untuk tahun 2022 ini kembali kami raih paripurna bintang lima," kata Hardin di Singkawang, Senin (26/12).

BACA JUGA: LSP AKN Ajukan Akreditasi Skema Sertifikasi Baru Decorative Coating

Dia menjelaskan bahwa lembaga yang digunakan untuk memberikan penilaian akreditasi RSUD Abdu Aziz Singkawang ialah KARS.

Menurut dia, saat ini lembaga akreditasi di Indonesia sudah ada enam.

BACA JUGA: Big Data Jadi Solusi Kampus Meningkatkan Akreditasi

“Kami tetap memilih lembaga KARS sebagai mitra dalam penilaian akreditasi,” jelasnya.

Hardin menjelaskan beberapa indikator yang menjadi penilaian akreditasi, yakni area manajemen, pelayanan medis dan keperawatan. 

"Dengan adanya penilaian akreditasi kami bisa menjaga mutu dan keselamatan baik petugas maupun pasien," ungkapnya.

Menurut dia, hal tersebut harus menjadi tanggung jawab pihak RSUD Abdul Aziz Singkawang dalam hal melayani pasien yang berobat untuk bisa mendapatkan pelayanan RS yang baik, memuaskan dan  bermutu.

Hardin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Singkawang, dewan pengawas dan keluarga besar RSUD Abdul Aziz Singkawang yang sudah bersemangat dan solid dalam kebersamaan bisa menyukseskan penyelenggaraan akreditasi ini.

"Akreditasi ini akan terus dilakukan dalam empat tahun sekali dan semoga RSUD Abdul Aziz Singkawang bisa terus mempertahankan peringkatnya. Untuk mewujudkan itu, tentunya harus menjadi komitmen bersama," harap Achmad Hardin. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler