Toro Rosso Pilih Duetkan Rookie

Minggu, 30 November 2014 – 09:45 WIB
Carlos Sainz Jr. Foto AFP

ROMA - Dua rookie dipastikan mengisi skuat balap tim Toro Rosso-Renault musim depan. Setelah mengejutkan khalayak Formula 1 dengan merekrut pembalap jebolan Formula 3 Max Verstappen yang masih 17 tahun, Sabtu (29/11) Toro Rosso memastikan mengontrak Carlos Sainz Jr, untuk mengisi satu kursi balap tersisa.
    
Sainz mendapatkan promosi tersebut setelah memenangi gelar juara Formula Renault 3.5 musim 2014. Ajang yang sama juga pernah dimenangi Kevin Magnussen pada 2013 sebelum bergabung dengan McLaren-Mercedes di F1 musim 2014. Sainz menjadi pembalap binaan Red Bull pertama yang menjuarai salah satu kelas feeder untuk pembalap Formula 1 tersebut.
    
Pembalap 20 tahun itu mendapat kesempatan uji coba bersama Red Bull pekan ini di Yas Marina. Dia menggantikan posisi Jean-Eric Vergne setelah memutuskan tak lagi memperkuat Toro Rosso musim depan.
"Sejak berlaga di FR 3.5 saya telah menjadi bagian dari program pembalap muda Red Bull. (Promosi) ini adalah mimpi saya dan saya ingin berterima kasih kepada Red Bull untuk kepercayaan ini," ujar Sainz seperti dikutip Autosport.
    
Sebenarnya putra legenda rally dunia Carlos Sainz Sr itu nyaris kehilangan peluangnya membalap bersama Toro Rosso musim depan setelah Verstappen diumumkan bakal mendampungi Daniil Kvyat. Tapi hengkangnya Sebastian Vettel ke Ferrari mengubah peta silly season alias perpindahan pembalap. Posisi Vettel yang digantikan Kvyat membuat kesempatan tersebut terbuka kembali bagi Sainz.
    
"Saya menjalani musim paling sukses di FR 3.5 tahun ini dan sekarang aku akan melangkah lebih maju ke Formula 1," terang Sainz Jr yang memenangkan tujuh seri untuk memastikan gelar juara FR 3.5-nya. "Dalam beberapa bulan ke depan saya akan bekerja keras untuk menyiapkan diri sebelum menjalani uji coba pertama musim dingin di Jerez tahun depan," tutur pemuda Spanyol tersebut.
    
Bos Toro Rosso Franz Tost menyatakan, keputusan merekrut Sainz adalah bukti komitmen Red Bull untuk memberikan kesempatan kepada para pembalap muda berbakat untuk berkiprah di Formula 1. "Saya menyaksikan kemajuan pesat yang dicapai Carlos di kategori junior. Puncaknya dia berhasil menjadi juara musim ini," terang Tost.
    
Sainz sudah menarik perhatian tim sejak melakukan uji coba di Silverstone musim 2013. Tost menyebut pendekatannya yang matang dan kecepatannya membuat banyak orang kagum. "Dia benar-benar membuatku dan para teknisi terkejut waktu itu," pungkasnya seperti dikabarkan Autosports.
    
Dengan lengkapnya daftar pembalap Toro Rosso, grid Formula 1 musim depan hanya tinggal menunggu McLaren. Selain pengumuman resmi tentang bergabungnya Fernando Alonso, Skuad Woking tersebut juga belum menentukan siapa yang akan menjadi rekan satu timnya, Kevin Magnussen atau Jenson Button. (cak/ady)

BACA JUGA: Main di Kandang Valencia, Mathieu Siap Dihujat

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tujuh Pasangan Pemain Afrika Tercantik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler