Totti Ikut Padamkan Colosseum

Senin, 24 Maret 2014 – 01:44 WIB

jpnn.com - PERGELARAN Earth Hour 2009 terasa sangat istimewa bagi warga Italia, khususnya Roma. Sejak sore ribuan orang menyemut di piazza di sekitar reruntuhan Colosseum. Lampu ikon Kota Roma tersebut memang menjadi salah satu tetenger dunia yang juga dipadamkan selama Earth Hour pada 28 Maret tersebut.

Antusiasme warga Roma sangat beralasan. Sebab, yang memimpin pemadaman lampu di Colosseum bukan orang sembarangan. Dia adalah kapten AS Roma Francesco Totti. Pukul 19.30 waktu setempat, Totti didampingi Presiden Kehormatan WWF Italia Fulco Pratesi memadamkan lampu-lampu cantik yang menghiasi Colosseum. Aksi tersebut menandai perhelatan Earth Hour di seluruh Italia. 

Totti tidak sendirian. Fabio Cannavaro juga turut serta. Bedanya, dia tidak tampil langsung di hadapan publik. Cannavaro kebagian peran tampil dalam video layanan masyarakat yang diedarkan melalui YouTube

''Kami anggota timnas Italia di lapangan mengajak fans kami di seluruh dunia untuk beraksi melawan perubahan iklim. Ini saatnya kita ambil tindakan,'' tegasnya dalam video tersebut. ''Mari sebarkan pesan ini dan berharap agar gaungnya bakal terdengar hingga ke sudut-sudut terjauh dunia,'' lanjut mantan defender Parma dan Juventus itu. 

Video teaser Cannavaro yang disebarkan semalam sebelum hari-H Earth Hour ternyata efektif menarik perhatian jutaan warga Italia. Jauh hari sebelum event, Pratesi menyatakan habis-habisan mengajak puluhan public figure sebagai duta Earth Hour di Italia. Selain Totti dan Cannavaro, ada desainer papan atas Giorgio Armani serta aktor dan aktris lokal. ''Tapi, tidak bisa dimungkiri, kemunculan bintang-bintang timnas Italia itulah yang menarik paling banyak simpatisan,'' ungkap Pratesi sebagaimana dikutip Luce Online.

Resep Pratesi melibatkan atlet-atlet top untuk menarik perhatian publik diadopsi oleh WWF Amerika Serikat. Setahun kemudian, yakni pada 2010, mereka menggandeng point guard LA Lakers Steve Nash dan quarterback klub NFL New England Patriots Tom Brady sebagai duta pemadaman lampu. 

''Kita bisa menyelamatkan bumi dengan satu langkah mudah. Matikan lampumu sejam saja. Percayalah, efeknya sangat besar,'' ucap Nash. (c2/na)

BACA JUGA: Trio BBC Jadi Senjata Madrid Hancurkan Barca di El Clasico

BACA ARTIKEL LAINNYA... Barca Bawa Mental Juara ke Kandang Madrid


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler