Tour of Kemala, Jenderal Listyo: Banyuwangi Inspirasi Pengembangan Wisata Olahraga

Senin, 09 Oktober 2023 – 06:25 WIB
Peserta balap sepeda Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (8/10) Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi

jpnn.com, BANYUWANGI - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menilai Banyuwangi menjadi inspirasi dalam mengembangkan wisata olahraga (sport tourism).

Dia menyampaikan itu saat melepas pembalap sepeda Tour of Kemala 2023 di Pantai Marina Boom Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (8/10).

BACA JUGA: Iman Firmansyah Optimistis Balap Sepeda Jawa Barat Kembali Bangkit

"Luar biasa semarak Tour of Kemala. Terima kasih seluruh atlet. Terima kasih Banyuwangi, inspirasi dalam mengembangkan sport tourism sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," kata Jenderal Listyo.

Kapolri juga mengapresiasi penyelenggaraan Tour of Kemala 2023 di Banyuwangi yang tidak hanya menjadi ajang olahraga sepeda, tetapi juga mempromosikan potensi pariwisata dan UMKM.

BACA JUGA: Okto Ditunjuk jadi Penasihat Balap Sepeda ASEAN

Dia pun berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan sinergitas antara TNI, Polri, dan masyarakat, serta menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengembangkan wisata olahraga.

Selain menyuguhkan aksi balap sepeda yang menantang dan menarik, Tour of Kemala 2023 juga melibatkan ratusan UMKM di sekitar lokasi acara.

Ada sekitar 180 booth stand UMKM yang disiapkan oleh panitia untuk memeriahkan acara ini.

Para pelaku UMKM ini menawarkan berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, fesyen, hingga suvenir khas Banyuwangi.

"Ini merupakan salah satu bentuk dukungan TNI atau Polri terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan, khususnya pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19," ujar Jenderal Listyo.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam agenda Tour of Kemala 2023.

Ipuk berharap acara ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai olahraga dan menjaga kesehatan, serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

"Kami sangat bangga dan senang bisa menjadi tuan rumah Tour of Kemala 2023," ungkap Bupati Ipunk.

Menurut Ipunk, dipilihnya Banyuwangi merupakan sebuah kehormatan bagi daerahnya untuk menyambut para peserta dari berbagai daerah dan negara.

"Terima kasih kepada Bapak Kapolri dan Ibu Ketua Umum Bhayangkari, semoga acara ini dapat memberikan pengalaman berkesan dan bermanfaat bagi semua peserta, serta mempromosikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata olahraga yang menarik dan berkualitas," harapnya.

Tour of Kemala 2023 merupakan ajang balap sepeda nasional yang digelar di Banyuwangi dan diselenggarakan oleh Kemala Bhayangkari dan PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) pada 7-8 Oktober 2023.

Total 1.400 hadir, dan ribuan kru serta pendamping lainnya.

Sejumlah selebritas pehobi sepeda juga ikut berlaga, mulai Luna Maya hingga Nirina Zubir.

Para pembalap melewati beberapa lokasi wisata dan tempat-tempat ikonik di Banyuwangi, seperti Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren, hingga Bandara Banyuwangi yang merupakan bangunan berarsitektur terbaik dunia dalam ajang Aga Khan Award 2022.

Turut hadir pada kegiatan ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum Bhayangkari Juliati Listyo Sigit Prabowo, Asrena Kapolri Irjen Wahyu Hadiningrat, Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Harmanto, Pangdam V Brawijaya Mayjen Farid. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler