Toyota Kembali Jadi Jawara Penjualan Mobil Dunia

Kamis, 27 Desember 2012 – 11:07 WIB
TOKYO -Toyota diprediksi bakal merebut kembali gelar produsen mobil terbesar di dunia pada 2012, setelah jatuh ke tempat ketiga di tahun 2011. Perusahaan otomotif Jepang ini mengklaim tahun ini kenaikan penjualannya sebesar 22 persen.

Secara global jumlah mobil Toyota yang terjual mencapai 9,7 juta kendaraan di seluruh dunia. Di mana sebanyak 8,68 juta kendaraan yang terjual berasal dari merek Toyota sendiri dan kendaraan Lexus. Pada 2011, Toyota kehilangan tempat teratas dari General Motors AS dan produsen Jerman Volkswagen, setelah tsunami Jepang dan gempa bumi. Banjir di Thailand juga ikut memukul lini produksinya.

Menurut laman BBC (27/12), Toyota sebelumnya memegang mahkota produsen kendaraan  terbesar di dunia. Di samping sebagai penjual mobil terbanyak dalam tiga tahun berturut-turut, dari 2008 hingga 2010.

Namun, permintaan untuk kendaraan juga dibayangi publisitas negatif imbas dari penarikan kendaraan besar-besaran karena bagian yang rusak sejak 2009 . Selain itu, penguatan yen lebih sepertiga terhadap dolar dalam lima tahun terakhir, telah menggerogoti daya saing Toyota.

Meski demikian, perusahaan asal Jepang ini berharap penjualannya bisa meningkat dua persen lebih di tahun 2013, dengan meningkatkan produksi truk buatan anak perusahaan Hino. (esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Adik JK Dapat JHT Jamsostek

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler