Trans Batam Makin Disukai Warga, Dishub Minta 45 Bus Lagi

Minggu, 10 Juli 2016 – 03:30 WIB
Bus Trans Batam kini mulai dimintai warga. Foto: Batam Pos / jpg

jpnn.com - BATAM - Dinas Perhubungan Kota batam kembali mengajukan 45 unit bus Trans Batam ke Kementerian Perhubungan. Ini untuk menambah armada di Batam yang sangat jauh dari cukup. Apalagi warga mulai antusias menggunakan bus Trans Batam.

"Kita sudah mengajukan 45 unit bus baru. 40 unit bus sedang dan 5 unit bus besar. Kita berharap sebelum akhir tahun akan direalisasikan," kata kepala UPT Trans Batam, Madian, seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group), Sabtu (9/7).

BACA JUGA: Arus Balik, 6 Ribu Pemudik Berangkat dari Terminal Rajabasa

Madian mengatakan pengadaan 1.000 bus oleh Kementerian Perhubungan di tahun ini harus ditangkap sebagai peluang untuk mengembangkan angkutan umum yang murah, aman dan nyaman. 

Pengajuan penambahan armada ini juga untuk mewujudkan target pembukaan trayek di semua daerah.

BACA JUGA: Dua Tahun Bolak-Balik RS, Remaja Itu Akhirnya Meninggal Dunia

"Jadi kita berharap tahun depan semua daerah akan ter-cover. Semua warga bisa menikmati Trans Batam, bahkan hingga ke hinterland," katanya.

Pengajuan ini juga sebagai jawaban atas banyaknya permintaan warga untuk menambah armada yang baru. Dari 15 unit bus trans Batam yang baru beroperasi, banyak warga yang tidak tertampung.

BACA JUGA: Ya Ampun! Gara-gara Kelelahan, Pemudik Keguguran

"Saat ini bus selalu penuh. Misalkan untuk trayek Sekupang-Jodoh, selalu ramai. Apalagi bus yang baru itu," katanya.

Saat ini dari 15 bus yang baru itu, belum semuanya dioperasikan. Untuk Jodoh-Sekupang baru empat unit. Tetapi kemungkinan minggu depan akan mulai dioperasikan untuk Sekupang-Batamcenter atau trayek lainnya.

"Sekarang ini kan masih perkenalan. Jadi belum semua kita operasikan. Tetapi sudah kita ketahui antusias warga," katanya.,

Madian mengatakan jumlah angkutan Trans Batam yang ada saat ini jumlahnya 72 unit. Dimana beberapa di antaranya sudah butuh peremajaan. Sementara bus yang akan diminta ini diharapkan akan beroperasi untuk melayani trayek yang dibuat baru seperti Tanjunguncang-Batamcenter, Batam center-Nongsa dan trayek lainnya.

"Tahun ini rencananya akan dibuka Tanjunguncang-Sekupang via Tanjungriau. Mungkin kita masukkan dan kita usulkan di APBD Perubahan," katanya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Werton Panggabean menyambut baik hibah yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan tersebut. Dan ia berharap Kemenhub juga tetap menyetujui penambahan armada baru di Batam.

"Ini sangat bagus untuk Batam. Kita memang harus terus meningkatkan pelayanan angkutan masal ini.

Ciptakan angkutan umum yang ramah, murah, nyaman dan aman untuk masyarakat," katanya.

Menurut Werton, semakin banyak angkutan masal, maka akan mengurangi kemacetan. "Jika memang nyaman, maka akan banyak warga yang beralih ke angkutan masal," katanya. (ian/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Petugas Damkar Adu Jotos, Lapor Polisi Dengan Muka Bonyok


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler