Traveloka Sebut Permintaan Bus Naik 3 Kali Lipat, Tipe Ini Paling Diminati

Senin, 26 Desember 2022 – 17:06 WIB
Traveloka mengumumkan peningkatan terhadap minat pelaku perjalanan untuk bepergian menggunakan moda transportasi darat, khususnya bus. Ilustrasi Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Platform perjalanan Traveloka mengumumkan peningkatan terhadap minat pelaku perjalanan untuk bepergian menggunakan moda transportasi darat, khususnya bus dan travel.

CEO of Transport Traveloka Iko Putera mengungkapkan kenaikan transaksi itu seiring dengan meningkatnya pemanfaatan teknologi dan digitalisasi khususnya di sektor transportasi.

BACA JUGA: Ada Promo Akhir Tahun Dadakan Traveloka, Nikmati Liburan Impian Anda

Dia menyebut pada akhir 2022, pihaknya melihat adanya peningkatan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi bus dan travel.

"Khususnya untuk wilayah Jawa dan Sumatera yang meningkat hampir 3 kali lipat jika dibandingkan tahun 2020," ungkap Iko Putera dalam siaran persnya, Senin (26/12).

BACA JUGA: Gebyar Traveloka, Kompetisi dengan Hadiah Total Rp 600 Juta untuk Konsumen

Dia menambahkan peningkatan minat konsumen pada produk bus dan travel didasari oleh beberapa faktor.

Beberapa faktor itu, antara lain titik keberangkatan dan jangkauan destinasi lebih dekat, harga tiket bus lebih terjangkau, hingga tipe bus yang semakin bervariasi (luxury bus, sleeper bus, captain seat, dan single seater).

BACA JUGA: Luncurkan Tagline Baru, Traveloka Tawarkan Sejumlah Fitur untuk Memudahkan Traveling

"Informasi mengenai tipe maupun jenis bus, pilihan jadwal, dan rute bus dapat dengan mudah ditemui," tuturnya.

Selain itu, kata dia, peningkatan mobilitas konsumen pada sektor transportasi terus menunjukkan pertumbuhan positif seiring dengan pelonggaran pembatasan dan tingginya minat masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor transportasi berhasil tumbuh lebih dari 21% pada kuartal II-2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu," katanya.

Selain itu, ungkap dia, Kementerian Perhubungan juga mencatat peningkatan signifikan pada angkutan bus.

"Jumlah penumpang pada Mei 2022 mencapai 194.890 penumpang atau meningkat sebesar 210,5% jika dibandingkan dengan hari biasa pada bulan April sebesar 62.760 penumpang," ujarnya.

Peningkatan mobilitas konsumen di tingkat nasional juga tercermin melalui data internal Traveloka mengenai tren para pengguna yang melakukan perjalanan dengan bus.

Tercatat terjadi peningkatan pemesanan pada rute-rute baru, tidak hanya kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera, tetapi juga di Sulawesi.

Menurut dia beberapa kota besar seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Malang, Bandung masih menjadi destinasi favorit.

Sementara itu, untuk Pulau Sumatera, Bandar Lampung, Palembang, Medan, Padang, dan Pekanbaru juga menjadi pilihan.

"Yang menarik, kami juga melihat tren positif pada kota-kota lainnya seperti Makassar, Tana Toraja dan Mamuju" ungkap dia

Hal ini, kata dia, menjadi bukti kuat penetrasi digital dan pemanfaatan teknologi sudah mulai tersebar ke daerah lainnya.

Sehingga, sudah semakin banyak masyarakat yang merasakan kemudahan memesan bus secara online.

Tren lain yang ditemukan dari data Traveloka adalah banyaknya pengguna menyukai tempat duduk lebih nyaman atau premium di dalam bus.

Hal itu dilihat dari banyaknya perusahaan otobus (PO Bus) yang menyediakan jenis bus singel seater, luxury, sleeper bus, dan captain seat.

Adapun bus yang menghadirkan fasiliras itu di antaranya Sinar Jaya, Damri, Unicorn, 27Trans, Agra Mas, Nusantara, Tami Jaya, NPM, Sumber Alam, Handoyo, Epa Star dan lain-lain.

Selain itu, antusiasme penumpang pada tipe tersebut juga meningkat dengan destinasi favorit Palembang, Yogyakarta, Magelang, Denpasar, dan Jakarta.

"Antusiasme penumpang bus untuk tipe tersebut juga terlihat pada peningkatan lebih dari 30% minat penumpang selama periode Oktober-November 2022, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu," pungkas Iko Putera. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bertabur Promo dan Keuntungan di Fitur Priority Traveloka, Begini Cara Daftarnya


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler