Tumbang di Laga Perdana

Jumat, 06 Juli 2012 – 06:16 WIB
Suporter Timnas. Foto: dok.JPNN

PEKANBARU - Tim sepak bola Indonesia gagal mempersembahkan poin pada laga perdana mereka di Piala Asia U-22 grup E. Bertanding di Stadion Utama Riau tadi malam (5/7) Andik Vermansyah dkk dikalahkan Australia 0-1 (0-1).

Satu-satunya gol kemenangan Australia dicetak oleh Anthony Proia melalui sundulan pada injury time babak pertama. Dia memanfaatkan postur tubuhnya yang tinggi untuk menjebol gawang Indonesia yang dijaga Aji Saka.

Dengan kekalahan ini Indonesia berada di peringkat kelima di bawah Timor Leste. Sedangkan puncak klasemen grup E ditempati Jepang yang kemarin sore melibas Makau 6-0, posisi kedua diduduki Singapura yang mengalahkan Timor Leste 2-1 dan posisi ketiga, Australia yang mengalahkan Indonesia 1-0 tadi malam.

Asisten pelatih Indonesia Listiadi menilai permainan timnas sebenarnya sangat baik. "Anak-anak sudah bisa mengimbangi lawan yang rata-rata berpostur tinggi. Peluang yang tercipta juga sama dengan lawan. Namun kita belum beruntung, dan kami akan memperbaiki setiap kesalahan dari laga ini, terutama kurangnya ketajaman di lini depan," sebut Listiadi tadi malam.

Dia juga mengakui lawan yang dihadapi timnya termasuk kuat. Ditambah mereka mampu  menjalin koordinasi yang baik antar sesama lini.

Sementara itu, pelatih Australia, Paul Okhon mengaku mendapat lawan yang berat dalam pertandingan pertamanya.

"Tim kami masih memiliki kendala dalam menghadapi kondisi cuaca, dan senang bisa meraih poin di laga ini, dan kami akan terus memahami tipikal lawan yang kami hadapi," paparnya dalam press conference tadi malam.

Selain itu, Paul juga memberikan acungan jempol kepada pemain Indonesia bernomor punggung 10 Andik Vermansyah. Namun dirinya tidak terlalu melihat kesiapan lawan berdasarkan satu pemain saja.

"Ia (Andik) merupakan pemain fantastis, dan bagus. Tapi kami tidak melihat permainan individu, namun lebih ke tim, dan Indonesia merupakan lawan yang sangat berat," tambahnya.

Timnas Indonesia langsung menekan pertahanan Australia. Meski berpostur kecil, Andik Vermansyah mampu mendapatkan peluang di lima menit pertama melalui sepakan kerasnya yang  masih melenceng ke kanan gawang Munro, penjaga gawang Australia.(egp/jpnn/ko)

Susunan Pemain
Indonesia : Aji Saka (pg), Agus Nova, Dany Saputra, Syaiful, Nurmufid, Hendra Adi Bayaw, Rasyid, Syahroni, Fandi Eko Utomo, Agung Supiyanto, Andik Vermansyah

Australia: Munro (pg),  Brillante, Chapman, Brown, Caira, Terry Antonis, Makarounas, Garuccio,  Gallifuoco
Depan : Barker Daish, Anthoni Proia

Hasil Piala Asia U-22 Grup E
Kamis, 5 Juli 2012

Singapura v Timor Leste         2-1 (1-0)
(Fareez 44", Madhu M.Mohana 81"/Diogo Santos Rangel 66" pen)

Jepang v Makau                6-0 (2-0)   
(Hirota 18",77", Akino Hiroki 25, Suzuki 52",65",83")    

Indonesia v Australia            0-1 (0-1)
(Anthony Proia 45+2")

Klasemen Sementara
1. Jepang        1  1  0  0  6-0  3
2. Singapura    1  1  0  0  2-1  3
3. Australia     1  1  0  0  1-0  3
4. Timor Leste 1  0  0  1  1-2  0
5. Indonesia    1  0  0  1  0-1  0
6. Makau        1  0  0  1  0-6  0


BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelari Amputasi Ikuti Olimpiade London


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler