Tunggu Kondisi Terakhir Schweini

Rabu, 27 Juni 2012 – 16:20 WIB
Bastian Schweinsteiger. Foto: Getty Images

Konsentrasi Pelatih Jerman Joachim Loew menuju laga semifinal sedikit terpecah. Cedera yang dialami Bastian Schweinsteiger mengganjal persiapan tim jelang berhadapan dengan Italia. Peran Schweinsteiger yang amat penting dalam perjalanan tim sejauh ini membuat Loew harus mengawasi kondisi gelandangnya itu hingga saat-saat terakhir.
   
Schweinsteiger sempat beristirahat selama beberapa hari sebelum kembali berlatih pada Senin (25/6) waktu setempat. Dia mengalami cedera pada engkel kaki kanannya. Cedera tersebut sebenarnya sudah dideritanya sejak Februari lalu. Namun, sejauh ini Loew masih memberikan kepercayaan padanya dan selalu memainkannya sebagai starter di empat laga yang sudah dilakoni Jerman di Euro 2012.
     
Sebelum melawan Yunani di perempat final, Schweini- sapaan Schweinsteiger sempat beberapa kali tak mengikuti sesi latihan. Hal yang sama terjadi sebelum menuju semifinal. Namun kondisinya dilaporkan sudah membaik dan punya kans cukup besar untuk membela timnya.
   
"Tentu saja dia bisa berbuat lebih baik lagi dibandng saat melawan Yunani (di perempatfinal). Tapi kami memang membutuhkan Bastian," ungkap Loew seperti dikutip Reuters.
   
Saat melawan Yunani, Schweini jadi titik lemah Jerman di barisan tengah. Namun, dia masih bisa berperan besar dengan menjadi pemain yang paling banyak melepaskan umpan. Selain itu, Loew juga menyebut peran Schweini dalam meningkatkan moral rekan-rekan setimnya.
   
"Dia seorang pemimpin emosional buat kami. Dia sudah sedemikian dewasa dalam tiga tahun terakhir. Saya pikir, penting buat tim kami jika Bastian bersama kami," lanjut Loew.
   
Loew menambahkan, pemain 27 tahun itu menyadari bahwa permainannya belum mencapai momen terbaik. Namun ia juga tak mau jika hal itu membuatnya harus duduk di bangku cadangan. "Bastian punya stamina yang diperlukan. Mungkin mobilitasnya sedikit kurang waktu melawan Yunani. Tapi sangat penting buat kami jika dia ada di lapangan. Dia percaya diri, kami pun ingin dia seperti itu," beber Loew.
   
Hal yang sama juga diungkapkan oleh motor serangan Jerman Mesut Oezil. Baginya, kehadiran Schweini di lapangan sudah cukup memberinya ketenangan untuk mengacaukan pertahanan lawan.
   
"Kami membutuhkan dia. Schweinsteiger pemain berkelas dan salah satu pemimpin kami. Anda bisa melihat bagaimana pentingnya peran dia saat kami mengalahkan belanda. Saya tetap berharap dia akan bermain (melawan Italia)," sambut Oezil. (ady)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Rombak Skuat Inggris


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler