Turnamen BNI Ciputra Golfpreneur Kembali Hadir: Ajang Pembuktian Pegolf Muda Indonesia

Selasa, 30 Juli 2024 – 17:35 WIB
BNI Ciputra Golfpreneur Tournament kembali menjadi bagian dari kalender Asian Development Tour (ADT) pada 2024. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - BNI Ciputra Golfpreneur Tournament kembali menjadi bagian dari kalender Asian Development Tour (ADT) pada 2024.

Turnamen yang memasuki penyelenggaraan kesembilan ini akan kembali dipertandingkan di Damai Indah Golf BSD Course pada 21-24 Agustus 2024 mendatang.

BACA JUGA: Turnamen Golf Bergengsi Mandiri Indonesia Open 2024 Kembali Hadir dengan Semangat Baru

Sejak pertama kali digelar tahun 2014, ajang ini telah menjadi turnamen reguler, bahkan menjadi turnamen dengan penyelenggaraan paling konsisten dalam jadwal kompetisi ADT.

”Kami merasa sangat senang bisa kembali menyelenggarakan BNI Ciputra Golfpreneur Tournament untuk kesembilan kalinya. Sejak pertama kali menggelar ajang ini pada tahun 2014, kami telah melihat sederet juara yang terus melanjutkan kiprah mereka ke Asian Tour, bahkan salah satunya, Tom Kim, bisa menjadi juara PGA TOUR,” ujar Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Ciputra Golfpreneur Foundation (CGF) yang sekaligus merupakan Presiden Direktur Damai Indah Golf Budiarsa Sastrawinata.  

BACA JUGA: Turnamen Golf Mandiri Indonesia Open 2024 Bakal Digelar di PIK Course, Hadiahnya Menarik

Penyelenggaraan turnamen yang konsisten seperti ini menjadi salah satu kunci dalam mendorong pertumbuhan golf profesional, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di wilayah Asia Tenggara.

"Namun, kami tidak mungkin melakukannya sendirian. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih untuk komitmen yang luar biasa dari BNI dan sponsor-sponsor lainnya sehingga edisi kesembilan ini bisa kembali masuk ke dalam kalender Asian Development Tour pada tahun ini,” tambahnya.

BACA JUGA: VW Golf R MY2025 Hadir dengan Mesin Baru Bertenaga Gahar

Komitmen penyelenggaraan ini turut diimbangi dengan peningkatan total hadiah yang akan diperebutkan. Jika pada tahun 2023 para peserta bersaing untuk memperebutkan hadiah 125.000 dolar AS, total hadiah untuk tahun 2024 ini menjadi 140.000 dolar AS atau sekitar Rp 2,278 miliar.

Kolaborasi dalam turnamen ini diharapkan dapat menjadi katalisator dalam meningkatkan prestasi pegolf Indonesia di kancah internasional.

Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom mengungkapkan, sinergi antara berbagai pihak akan membuka peluang yang lebih luas bagi para pegolf muda Indonesia untuk meraih prestasi.

”Melalui ajang ini, kami berharap kesempatan bagi pegolf muda Indonesia makin banyak untuk meningkatkan kemampuan dan prestasinya. Turnamen ini juga diharapkan dapat menjadi ajang pembuktian bagi para pegolf muda Indonesia untuk bersaing di level internasional,” ujar Mucharom.

General Manager ADT Ken Kudo menyampaikan BNI Ciputra Golfpreneur Tournament merupakan salah satu turnamen inti dari kalender ADT sejak pertama kali diadakan pada tahun 2014.

"Itu sebabnya, kami merasa senang bisa mengumumkan kembalinya turnamen ini ke jadwal kompetisi kami pada tahun ini."

”Kami berterima kasih kepada BNI, Ciputra Group, dan Damai Indah Golf BSD Course yang telah memfasilitasi kembalinya turnamen ini dengan peningkatan hadiah uang yang signifikan, dan kami tak sabar untuk bisa menyelenggarakan ajang ini dengan sukses.”

Sebanyak 91 pegolf dari ADT akan meramaikan persaingan pada pekan ketiga bulan Agustus ini. Sementara itu, 40 pegolf tuan rumah juga akan berusaha untuk meraih kemenangan, dengan 13 pemain undangan dari pihak promotor. 

Pada penyelenggaraan tahun 2023 lalu, pegolf India Yuvraj Singh Sandhu berhasil keluar sebagai juara. Kemenangannya itu turut menjadi salah satu kunci yang memberinya hak bertanding di kancah Asian Tour pada musim ini.

Turnamen ini juga telah menjadi bagian dari perjalanan karier pegolf Korea Tom Kim, yang kini telah berstatus juara PGA TOUR. Kim menjuarai ajang ini pada tahun 2019 dengan menaklukkan veteran Singapura Mardan Mamat.

Kemenangan di Damai Indah Golf, BSD Course kala itu merupakan kemenangan ADT kedua bagi pegolf yang saat itu baru berusia 17 tahun.

Nama-nama lain yang telah menjuarai ajang ini termasuk Suteepat Prateeptienchai (2022) asal Thailand, Miguel Carballo (2018) dari Argentina, pegolf Jepang Masaru Takahashi (2017), Oscar Zetterwall (2016) dari Swedia, pegolf Vietnam Michael Tran (2015), dan pegolf Skotlandia James Byrne (2014).

Pegolf Pakistan Ahmad Baig bakal menjadi salah satu pegolf unggulan ketika turnamen ini bergulir. Saat ini ia tengah memimpin Order of Merit ADT berkat dua kemenangan yang ia raih pada musim ini.(dkk/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler