Uang Mainan Dipakai Belanja Durian

Jumat, 03 Agustus 2012 – 16:32 WIB
MANOKWARI - Jajaran Polres Manokwari menangkap seorang wanita, RL berusia 39 tahun atas dugaan menggunakan uang mainan untuk belanja. Ia ditangkap di pelabuhan saat hendak berangkat ke Nabire dengan menumpang KM Labobar, Kamis (2/8) siang.

Kapolres Manokwari, AKBP Agustinus Suprianto,SIK membenarkan penangkapan RL. ‘’Dia menggunakan uang mainan saat berbelanja. Dia diketahui membeli langsat dan durian,’’ terang Kapolres kepada wartawan.

Dalam melaksanakan  aksinya, pelaku menggunakan modus mencampur uang mainan tersebut dengan uang asli. Uang palsu pecahan Rp.100.000 dan Rp. 50.000 disisipkan di tengah uang asli. ‘’Separoh uang asli dan separoh uang mainan,’’ tandasnya lagi.

RL sudah menggunakan uang mainan lembaran Rp.100.000 dan Rp. 50.000 ini untuk membeli durian dan langsat pada pedagang Atik Ode. Tanpa curiga pedagang buah ini pun melayani RL yang membeli langsat seharga Rp 320.000 dan durian Rp. 455.000.

Namun alangkah terkejutnya Ibu Atik ketika melihat uang lembaran Rp.100.000 dan Rp. 50.000 yang diberikan RL ternyata hanya uang mainan. Pada bagian atas tertulis jelas uang mainan. Ia pun melapor kejadian ini ke Polsek Manokwari Kota.

Kapolres menjelaskan, uang yang digunakan RL merupakan uang mainan, bukannya uang palsu. Kriteria uang mainan dan uang palsu berbeda. ‘’Ya,uang palsu itu uang yang mirip uang asli yang ada tulisan Bank Indonesia ,semua bentuk dan besarnya sama. Tapi,uang mainan ini ukurannya lebih kecil,’’ jelasnya.     Terhadap pelaku, polisi menjeratnya dengan pasal penipuan. ‘’Karena dia menipu dengan menggunakan uang mainan,’’ tambahnya lagi.

Polisi mengembangkan kasus ini dan telah mengetahui siapa yang memberikan uang mainan. Dan diduga uang mainan ini dibawa oleh pelaku dari Nabire. ‘’Kita akan kembangkan, apa motivasinya menggunakan uang  mainan ini, kita akan telusuri,’’ ujar Kapolres.

Kapolsek Manokwari Kota,AKP Monang Pasaribu menambahkan,saat diperiksa RL mengaku tidak tahu baca tulis. Sedangkan uang mainan tersebut diperolehnya dari hasil jualan buah-buahan di Nabire bersama suaminya. ‘’Dia beli tadi malam (Rabu malam) dan diantaranya yang dipakai untuk membeli diantaranya terdapat uang mainan. Kalau sekedar dilihat pada malam hari seperti uang benaran,’’ tuturnya.

Selain sudah membelanjakan, di dalam dompet pelaku, polisi menemukan 27 lembar uang mainan pecahan 100.000 dan 12 lembar pecahan 50.000.(lm)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Saling Bacok Karena Dendam

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler