Uang untuk Sogokan Dipotong Rekan Sendiri

Rabu, 20 Juni 2012 – 22:44 WIB
Pria berkaos gelap yang diseret petugas KPK (bertopi biru) saat digiring di KPK, Rabu (20/6) malam. Foto : M Fathra Nazrul/JPNN

JAKARTA - Warga Negara (WN) Amerika Serikat yang ditangkap KPK, Andrew, ternyata tidak berhubungan langsung dengan Wahono, Kasi Cargo Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Sebab dari keterangan KPK, Andrew berhubungan dengan Wahono melalui Edi.

Juru Bicara KPK, Johan Budi, menyatakan bahwa Edi yang dari swasta adalah rekan Wahono. Yang menggelikan, ternyata sebagian uang untuk Wahono ditilep oleh Edi. Sebab, Wahono menyebut harusnya uangnya Rp 110 juta.

Namun ternyata setelah dihitung uang yang dibungkus tas kresek hitam itu hanya Rp 104 juta saja. "Tiba-tiba E (Edi) bilang, "ini di kantong saya ada enam juta"," kata Johan di KPK, Rabu (20/6) malam.

Dari keterangan Johan juga diketahui bahwa Andrew awalnya memang tak percaya. Karenanya ia ingin memastikan bahwa uang yang dikeluarkan bakal sampai ke Wahono.

"Dia (Andrew) ingin menyaksikan sendiri. Dia lebih percaya kalau dia sendiri yang menyerahkan karena barangnya sudah empat bulan tertahan," papar Johan. 

Baru setelah Andrew menyerahkan uang ke Edi, selanjutnya uang itu diserahkan ke Wahono. "Ternyata yang dikasihkan ke W hanya Rp 104 juta, sedangkan yang enam juta dikantongi E (Edi)," imbuh Johan dengan anda geli.

Sebelumnya KPK menangkap Wahono, Edi, Aan  di Bandara Soetta. Sedangkan Andrew dan Roy ditangkap di rest Areak KM 13 Tol Jakarta Merak. Selain itu diamankan pula seorang sopir dan sekuriti.

Hingga malam ini seluruh tangkapan KPK itu masih berstatus terperiksa. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk memutuskan status tersangka, atau melimpahkan penanganan hukumnya ke aparat hukum lainnya.

Sementara khusus Andrew, KPK akan meminta kepastian bahwa pria bule itu memang benar-benar warga AS. "Kita akan koordinasi dengan  Kedutaan Besar AS di Jakarta," pungkas Johan.(ara/fat/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tangkap Oknum Bea Cukai, Amankan Uang Ratusan Juta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler