Uji Coba Tanpa Persib-Persipura

Senin, 10 November 2014 – 06:14 WIB
Boaz Salossa. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Timnas senior bakal mengawali dua laga uji coba terakhirnya sebelum berangkat ke Piala AFF 2014, besok (11/11). Timor Leste akan jadi lawan uji coba perdana untuk Ahmad Bustomi dkk.

Namun, laga uji coba tersebut sudah pasti tidak akan menyertakan pemain-pemain dari dua klub finalis Indonesia Super League (ISL) 2014.

BACA JUGA: Nishikori Tumbangkan Murray 2 Set Langsung

Juara ISL 2014 Persib Bandung dan runners up Persipura Jayapura tidak akan mendistribusikan pemainnya ke laga tersebut.

Apabila dilihat dari daftar susunan pemain yang dipanggil ke timnas senior kali ini, setidaknya ada 11 pemain dari dua klub tersebut. Persib paling dominan dengan 8 pemain. Sementara, dari Persipura hanya tiga orang.

BACA JUGA: Rosberg Sabet Juara F1 Brasil

Wakil Persib di dalam skuad Merah Putih ini misalnya I Made Wirawan, Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Hariono, Muhamad Ridwan, Tony Sucipto, Firman Utina, dan Ferdinand Sinaga.

Di kubu Persipura, ketiga pemainnya yang kembali masuk timnas seperti Boaz Solossa, Immanuel Wanggai dan Ruben Karel Sanadi.

BACA JUGA: Juventus Gunduli Parma 7-0

Kepastian untuk tidak menggunakan pemain-pemain dari kedua klub finalis tersebut dituturkan oleh asisten pelatih timnas senior, Widodo Cahyono Putro. Kepada Jawa Pos di sela-sela agenda AFF Trophy Tour di FX Plaza, Senayan, Jakarta, siang kemarin (9/11), Widodo beralasan bahwa keputusan ini untuk memberikan waktu bagi para pemain untuk rehat sebentar.

Walaupun tidak dimainkan, kesebelas pemain tersebut harus tetap bergabung bersama rekan-rekan lainnya yang sudah lebih dulu menjalani pemusatan latihan timnas Garuda, di lapangan SPH, Karawaci, Tangerang.

"Jadi, mereka tetap harus bergabung bersama tim pada Selasa nanti (11/11)," ujarnya.

Memang, apabila dilihat dari formasi permainan timnas senior dalam beberapa pemusatan latihan terakhir, nama-nama pemain Persib dan Persipura selalu menjadi pilihan. Kecuali saat Persipura menjalani laga-laga di AFC Cup tentunya. Nama-nama seperti I Made Wirawan, Firman Utina, Ferdinand Sinaga, hingga Boaz Solossa selalu menjadi key player timnas senior.

Sehingga, dalam uji coba besok, tinggal menunggu adanya nama-nama lain. Misal untuk posisi penjaga gawang bisa kembali ke Kurnia Meiga Hermansyah. Lalu untuk pergantian sisanya, bisa ada beberapa opsi. Terutama untuk mencari siapa pemain yang mengisi posisi Firman di jantung lapangan tengah.

"Banyak peluang (masuknya nama-nama baru, Red). Termasuk peluang Evan (Dimas Darmono) untuk bermain. Selain Evan, masih bisa juga memasukkan Ramdani (Lestaluhu). Atau mungkin menggeser Irfan (Bachdim) ke posisi Firman. Dilihat saja siapa yang paling siap untuk dipasang sejak menit awal," tuturnya.

Terpisah, Irfan menegaskan dirinya siap dipasangkan dimana pun. Baik jika dipasangkan sebagai penyerang, ataupun ditempatkan di lapangan tengah.

"Tetapi saya sudah berbicara dengan coach dan saya ingin ditempatkan di posisi nomor 10, atau posisi di belakang dua penyerang. Intinya, apapun keputusan coach, ituu saya terima," tegasnya.

Sore kemarin, timnas masih menjalani sesi latihannya di Karawaci. Mereka bakal bergeser ke Jakarta hari ini sekalian menjalani sesi jajal lapangan sebelum uji coba.

Sampai dengan bertolak ke Hanoi, Vietnam pada 20 Nopember nanti, timnas senior terus menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Pada 15 Nopember nanti melawan Syria. (ren)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lazio Tumbang di Kandang Empoli


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler