Ujian Proposal Program Doktor, Kombes Budhi Haryanto Dapat Pujian dari UNM

Kamis, 05 Januari 2023 – 18:32 WIB
Kapolrestabes Makassar seusai menjalani ujian proposal Program Doktor di Universitas Negeri Makassar, Kamis (5/1). Foto: M Srahlin Rifaid/jpnn

jpnn.com, MAKASSAR - Kapolrestabes Makassar Kombes Budhi Haryanto menjalani sidang proposal Program Doktor (S3) di Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM).

Pada ujian proposal S3 tersebut, Budhi mengangkat judul "Strategi Kepolisian Polrestabes dalam Pelayanan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Kota Makassar".

BACA JUGA: Kemendikbudristek Genjot Lulusan Doktor Lewat Beasiswa PMDSU

Ujian berlangsung di lantai 7 Gedung Phinisi UNM, Jalan Andi Pettarani. Rektor UNM Prof. Husain Syam duduk sebagai ketua promotor dan Prof. Hasnawi Haris sebagai sekretaris (kopromotor).

Selain itu, terdapat penguji internal seperti Prof. Haedar Akib, Prof. Rifdan, Prof. Hamsu Gani, Dr. Sulaiman Samad, serta ketua Pascasarjana UNM.

BACA JUGA: 7 Akademisi Seskoau Raih Gelar Doktor di Unpad, Berikut Daftar Namanya

Dalam ujian tersebut, tampak para penguji memberikan berbagai masukan kepada orang nomor satu di Polretabes Makassar itu.

Selain itu, para guru besar UNM memberikan pujian terhadap disertasi yang dibuat oleh mantan Dirkrimsus Polda Jawa Tengah itu.

BACA JUGA: Puan Sandang Gelar Doktor Honoris Causa dari PKNU, Sultan: Beliau Efektif Meneduhkan Politik Parlemen

Rektor UNM sekaligus ketua promotor Husain Syam mengatakan Budhi sangat bagus dalam merancang riset dan penelitian yang akan dilakukan.

"Menurut pengetahaun saya, ini adalah proposal yang terlengkap, justru mengalahkan orang-orang akdemisi. Kalau akademisi itu kadang tidak begitu tuntas. Kalau (Budhi Haryanto) ini bagus sekali, sampai kepada metoda-metode yang akan digunakan," kata Prof Husain Syam, Kamis (5/12).

Husain Syam menerangkan pada ujian ini ada beberapa saran-saran yang muncul. Tentu itu akan menjadi tambahan agar desirtasi bisa sempurna.

"Memang masih ada saran-saran yang meuncul. Itu untuk tambahan agar sempurna desertasinya," bebernya.

Pada ujian proposal itu, Budhi mendapat nilai sempurna. Hal itu tak terlepas dari rancangan latar belakang, rumusan masalah, dan teori yang akan digunakan saat meneliti.

"Ini sangat bagus, nilainya 95 dan itu semua karena cara menyusun latar belakang, rumusan masalah, pendekatan teori yang sesuai. Kemudian metode yang tepat untuk penyelesaian masalah," puji orang nomor satu di lingkup UNM tersebut.

Dia menyebutkan hasil ujian proposal ini merupakan awal yang baik sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya. Ia berharap hasil riset nanti dapat menghasilkan sudut pandang yang ilmiah dan akademik yang baik.

"Saya berharap hasilnya bisa menjadi contoh dan diterapkan di seluruh Indonesia, apalagi judulnya sangat bagus," ungkap Prof Husain.

Sementara itu, Budhi Haryanto membeberkan mengapa dirinya mengangkat judul desirtasi tersebut. Salah satunya agar Polri terus dicinta oleh masyarakat.

"Tentunya pelayanan yang ada di Polri sekarang sudah bagus, tetapi saya ingin Polri lebih dicintai dan dinanti-nantikan oleh masyarakat," ucapnya. (mcr29/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dikukuhkan Sebagai Doktor Honoris Causa di Korsel, Puan Dedikasikan untuk Perempuan RI


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : M. Srahlin Rifaid

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler