Ulama dan Habaib se-Kalimantan Selatan Sepakat Mendukung Anies Baswedan

Selasa, 05 Desember 2023 – 21:16 WIB
Ulama dan habaib se-Kalimantan Selatan mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon nomor urut 2 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Hotel Galaxy Banjarmasin, Selasa (5/12/2023). Foto: dok Timnas AMIN

jpnn.com, BANJARMASIN - Dukungan untuk pasangan capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Gus Imin) pada Pilpres 2024 terus bertambah.

Hari ini, Selasa (5/12), giliran para ulama dan habaib se-Kalimantan Selatan yang mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon nomor urut 2 tersebut di Hotel Galaxy Banjarmasin.

BACA JUGA: Rencana Anies Membangun Wasaka International Stadium Bisa Memajukan Kalsel

Deklarasi dukungan dibacakan KH Sakrani Nasiri di hadapan ratusan alim ulama dan habib yang hadir di acara tersebut.

"Para alim ulama dan kiai yang mendukung Pak Anies dan Pak Muhaimin tidak hanya yang hadir di sini, masih banyak ulama di Kalimantan Selatan ini yang mendukung Pak Anies tapi berhalangan hadir hari ini," tegas KH Muhammad Syahruji.

BACA JUGA: Pemerhati Bola Angkat Topi atas Rencana Anies Membangun Wasaka International Stadium

Bahkan, lanjut KH Muhammad Syahruji, para ustad dan guru agama yang ada di Kalimantan Selatan telah sepakat dan kompak mendukung pasangan AMIN.

Mereka berkomitmen untuk mengajak warga yang saat ini belum bergabung untuk bersama-sama mendukung pasangan yang diusung Nasdem, PKS, dan PKB itu.

BACA JUGA: Di Hadapan Warga Banjarmasin, Anies Janjikan Bangun Stadion dan Kereta Api

"Dan kita berharap bersama beliau (Anies) terjadi perubahan yang signifikan. Terutama mengatasi kemiskinan dan penegakan hukum yang lebih baik," ujar KH Muhammad Syahruji.

Anies merasa bersyukur telah mendapat dukungan dari para ulama dan habaib se-Kalimantan Selatan. Capres nomor urut 1 itu menilai dukungan yang diberikan kepadanya merupakan amanah dan kepercayaan untuk membawa Indonesia menjadi bangsa yang lebih adil.

"Ini menunjukkan bahwa keinginan untuk perubahan itu cukup luas. Di Kalimantan Selatan ini kami merasakan gelombang perubahan itu cukup luas, yang merasakan keinginan untuk terjadi perubahan itu cukup nyata," kata Anies.

Bagi Anies, dukungan yang didapatnya dari ulama dan habaib se-Kalimantan Selatan saat ini bukan yang pertama. Pada saat dirinya maju Pilgub DKI 2017 lalu Anies mendapat dukungan serupa.

Ulama, tokoh, dan masyarakat Kalimantan Selatan datang ke Jakarta mengungkapkan dukungan mereka.

"Dan sekarang amanat yang kami emban adalah amanat yang besar, maka kami sampaikan pada para ulama, para guru, habaib, para kiai, bantu kami dengan doa. Bantu kami dalam perjuangan ini," harap Anies.

Anies kemudian mengenang perjuangannya selama masuk ke politik dan pemerintahan hingga menjadi capres seperti sekarang.

Dimulai dari keputusannya diamanahkan menjadi menteri, lalu menerima pinangan partai politik yang mengusungnya pada Pilgub DKI 2017 hingga menjadi gubernur.

"Saat mendapat amanah ini pun (capres) kami sedang bertugas di Jakarta. Selanjutnya kami mendapat ujian dan tantangan yang luar biasa, tapi alhamdulillah semua bisa dilewati karena takdir Allah, karena doa para kiai dan ulama semuanya," tutur Anies.

Co-captain Timnas AMIN Nihayatul Wafiroh menyebut Anies-Gus Imin merupakan pasangan capres-cawapres yang sangat berpihak pada ulama dan guru ngaji.

Karena itu, para ulama dan habaib se-Kalimantan Selatan dengan senang hati memberikan dukungan kepada mereka.

"Puluhan ribu pondok pesantren yang ada di Indonesia tentu akan terbantu jika pasangan AMIN memenangkan Pilpres 2024. Di program AMIN itu kita mengakokodir guru-guru ngaji, guru-guru pesantren. Anggaran untuk mereka tentu akan diprioritaskan oleh pasangan AMIN," tandas politisi PKB tersebut. (jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler