Ulang Tahun ke-95 Mandela Dirayakan di Rumah Sakit

Kamis, 18 Juli 2013 – 16:41 WIB
Nelson Mandela. FOTO: getty images
PRETORIA - Hari ini mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela genap berusia 95 tahun. Namun sayang, tokoh anti-apartheid itu terpaksa harus merayakan hari jadinya di ranjang rumah sakit.

Sejak 8 Juni lalu, pria yang biasa disapa Madiba tersebut dirawat di sebuah rumah sakit di kota Pretoria akibat infeksi paru-paru yang telah lama dideritanya. Ini merupakan kali keempat ia masuk rumah sakit dalam 6 bulan terakhir.

"Madiba tetap berada di rumah sakit. Tapi menurut dokter, kondisi kesehatannya perlahan membaik. Mewakili pemerintah dan seluruh rakyat Afrika Selatan, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-95 untuk Madiba," ujar Presiden Joseph Zuma seperti dikutip dari kantor berita Reuters, Kamis (18/7).

Hal yang sama juga diungkapkan dokter yang merawat Mandela. Menurutnya, keluarga besar pria yang gemar mengenakan kemeja batik itu akan datang ke rumah sakit untuk merayakan ulang tahun bersama-sama.

Hari jadi Mandela dirayakan di seluruh penjuru Afrika Selatan. Di sekolah-sekolah, siswa berkumpul menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan itu.

Sejak tahun 2009, PBB mendeklarasikan tanggal 18 Juli sebagai Hari Nelson Mandela. Di Afrika Selatan dan beberapa negara lain, hari ini diperingati dengan melakukan perbuatan amal selama 67 menit sebagai simbol 67 tahun perjuangan Mandela melawan Apartheid.

Mandela terlahir dengan nama Rolihlahla Mandela pada tanggal 18 July 1918 di kota Mvezo. Sejak tahun 50-an, ia terjun aktif melawan politik Apartheid yang diusung pemerintah kulit putih Afrika Selatan.

Akibat perlawanannya, mantan pengacara itu dijebloskan ke penjara pada tahun 1962. Ia akhirnya dibebaskan pada tahun 1989 dan langsung kembali melancarkan perlawanan terhadap politik rasial Apartheid.

Pada tahun 1994, perjuangan Mandela membuahkan hasil yang ditandai dengan penyelenggaraan pemilu multi-ras pertama dalam sejarah Afrika Selatan. Hasil pemilu lantas menasbihkan Mandela sebagai presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Jepang Cokok Penyedia PSK Jumbo

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler