Ulasan Uji Coba Formula 1 di Sirkuit Barcelona (1)

De la Rosa Ancam Geser Fisichella

Kamis, 20 November 2008 – 16:54 WIB
TIM-tim Formula 1 kembali sibuk bekerjaSenin hingga Rabu kemarin (17-19 November), sembilan tim menjajal pembalap dan paket aerodinamika baru di Sirkuit Barcelona, Spanyol

BACA JUGA: Larang PSIR Ikut Kompetisi Dua Tahun

Pada dua hari terakhir, Pedro de la Rosa dan Force India jadi pusat perhatian.

Debut Bruno Senna naik mobil Formula 1 Honda merupakan cerita utama di hari pertama uji coba Barcelona (17/11)
Baru setelah itu penampilan sayap depan lebar mobil BMW-Sauber

BACA JUGA: Rapor Merah Dua Legiun Asing



Namun, pada dua hari penutup, perhatian berpindah ke garasi tim juru kunci 2008, Force India
Penyebabnya: Tim itu menurunkan Pedro de la Rosa, yang selama beberapa tahun terakhir bekerja sebagai test driver McLaren-Mercedes.

Penampilan pembalap Spanyol itu tentu langsung memicu lagi silly season alias musim gosip F1

BACA JUGA: Ancaman Hino Cofu di Partai Persebaya v Perseman

Bukan hanya itu, penampilan itu juga mengandung "unsur spionase."

Sudah bukan rahasia lagi, Force India bakal mencopot mesin Ferrari, pindah ke Mercedes-Benz untuk musim 2009 nantiTim itu juga akan mendapat bantuan teknis dari McLarenDari kerja sama itu, tentu bisa dianggap normal bila McLaren mengutus De la Rosa untuk segera memberi "pertolongan dini."

Masalahnya, hingga uji coba di Barcelona ini, Force India masih memakai mesin FerrariJadi, bisa dibilang De la Rosa turun untuk merasakan mesin buatan Maranello itu, lalu menyampaikan masukan kepada para engineer McLaren dan Mercedes-Benz.

Bukan hanya itu, media Spanyol langsung "memainkan" penampilan De la Rosa iniMereka bilang, pembalap 35 tahun itu sudah meneken kontrak untuk bergabung di Force India tahun depanMenggeser Giancarlo Fisichella atau Adrian Sutil.

Ketika Force India berdiskusi dengan McLaren dan Mercedes-Benz beberapa waktu lalu, memang sempat ada gosip bahwa McLaren akan meminta kepada Force India untuk menampung salah satu pembalapnya.

De la Rosa sendiri merupakan pilihan yang pentingSebab, image McLaren dan Mercedes sekarang sedang buruk di mata penggemar balap di SpanyolGara-gara pada 2007 lalu, tim itu dianggap berlaku tidak adil terhadap pembalap kebanggaan Spanyol, Fernando Alonso (yang kemudian menceraikan McLaren dan pindah ke Renault)Dengan menurunkan De la Rosa memakai mesin Mercedes-Benz, "amarah" publik Spanyol bisa meredam.

Benar atau tidak, pihak Force India maupun McLaren belum mau buka mulutDe la Rosa juga main aman"Untuk saat ini, (kesepakatan) kami hanyalah untuk dua hari uji cobaItu sajaKontrak saya bersama McLaren, dan saya berterima kasih kepada mereka karena mengizinkan uji coba iniSejauh ini, belum ada yang menjanjikan apa-apa," katanya seperti dilansir koran El Pais.

Benar atau tidak, penampilan dan pembicaraan tentang De la Rosa ini sudah cukup untuk memancing reaksi Adrian SutilPembalap Jerman itu menegaskan bahwa kursinya di Force India aman"Saya punya kontrak valid untuk 2009Tidak ada kebutuhan untuk bicara dengan tim lain," tandasnya lewat Sport Bild.

Di luar kontrak, Sutil juga punya alasan lain yang mengamankan posisinya di Force IndiaDia adalah pembalap Jerman, dan Mercedes-Benz adalah supplier mesin asal Jerman.

Hingga kemarin, yang belum muncul adalah reaksi dari kubu FisichellaApakah ini berarti pembalap Italia itulah yang akan tergeser? Beberapa media Spanyol menulis demikianUntuk keputusan akhir, kita hanya bisa memantau dari jauh(azrul ananda/bersambung)

BACA ARTIKEL LAINNYA... FA Jatuhkan Sanksi atas Ferguson dan Moyes


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler