Ulil Yakin Polri Izinkan Konser Lady Gaga

Jumat, 25 Mei 2012 – 19:44 WIB
Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta, Jumat (25/5), menolak konser Lady Gaga. Foto: Arundono/JPNN

JAKARTA - Jadi tidaknya konser Lady Gaga di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada tanggal 3 Juni 2012 mendatang, sepenuhnya menjadi otoritas Kepolisian Indonesia. Pihak manapun di luar institusi Kepolisian tidak berkompeten untuk memutuskannya.

"Kalau pihak Kepolisian selaku pihak yang punya otoritas memutuskan mengeluarkan izin untuk pertunjukan Lady Gaga, siapa pun dan ormas mana pun di Indonesia mestinya menghormati keputusan itu," kata Ketua Bidang Pengembangan dan Strategi DPP Partai Demokrat, Ulil Abshar Abdalla, kepada JPNN, Jumat (25/5).

Demikian juga sebaliknya, kalau sekiranya pihak Kepolisian pada akhirnya tidak mengeluarkan izin, menurut Ulil, jangan diartikan itu sebagai keberhasilan opini atas sikap suatu ormas dalam mencegah konser Lady Gaga.

"Tapi setelah adanya keseimbangan opini publik antara yang menolak dengan yang menerima kedatangan Lady Gaga ke Jakarta, saya yakin pada waktunya Kepolisian akan mengeluarkan izin pertunjukan," ungkap Ulil, yang juga pentolan Jaringan Islam Liberal (JIL) itu.

Izin tersebut lanjutnya, tentu saja disesuaikan dengan kultur Indonesia dan itu menjadi tugas pihak promotor untuk membicarakannya dengan manajemen Lady Gaga, sesuai dengan saran-saran yang disampaikan oleh ormas dan masyarakat.

"Pemerintah pasti akan memberikan syarat-syarat khusus kepada Lady Gaga untuk tampil dengan cara mengadop masukan dari ormas dan masyarakat. Hikmah yang perlu dipetik dari rencana kedatangan Lady Gaga ini antara lain jangan sampai terjadi opini veto memutuskan sebuah masalah di negara yang berlandaskan hukum ini," tegas  Ulil Abshar Abdalla. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Polri Diminta tak Tunduk Intervensi Asing


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler