UMC Targetkan 400 unit New Splash

Sabtu, 04 Mei 2013 – 06:03 WIB
SURABAYA - Pasar mobil kota (city car) adalah kedua tertinggi di pasar mobil tanah air. Ini yang membuat agen pemegang merek menggelontor segmen ini dengan produk-produk baru.

Salah satunya, Suzuki yang merombak penampilan Splash dan meluncurkan versi otomatis.

Presiden Direktur PT United Motor Center (UMC), diler utama Suzuki di Jatim, Michael Mardanus mengatakan dengan pertumbuhan city car dalam rentang tiga tahun ini mencapai 79 persen.

Ini adalah growth terbesar kedua setalah MPV. "Kebutuhan mobil pertama sangat tinggi," katanya.

Splash yang diproduksi di India sudah menapak jalanan tanah air sejak 2010. Namun, sejak tahun lalu, mobil berkapasitas 1.200 cc mulai berkurang produksinya. Ini yang membuat penjualan Splash di Jatim pada tahun lalu sempat anjlok menjadi 200 unit. Padahal, 2011 sempat tercatat 600 kendaraan dan 2010 membukukan 495 mobil.

Michael mengatakan dengan kehadiran New Splash pihaknya memproyeksikan penjualan 400 unit. Jumlah itu adalah 10 persen dari total target nasional yang mencapai 4 ribu unit. "Kehadiran transmisi otomatis menjadi nilai plus," tuturnya.

Di pasar city car, New Splash berhadapan langsung dengan produk-produk terbaru. Misalkan, Honda Brio, Toyota Etios Valco, dan Mitsubishi Mirage. Sedangkan, pemain lama adalah Kia Picanto, Nissan March, dan Hyundai i10.

Michael mengatakan pasar mobil matik mengalami pertumbuhan luar biasa. Meskipun, dia tidak bisa menyebut pertumbuhan kendaraan transmisi otomatis, karena tidak ada data. "Tapi, ilustrasinya, saat ini, kami mudah menjual mobil matik dibanding lima tahun lalu. Bahkan, sekarang, konsumen sendiri yang menanyakan varian matik," paparnya.

Penjualan Suzuki di Jatim selama tiga bulan pertama ini tumbuh siginifikan, 110 persen. Pada tahun lalu periode yang sama hanya terjual 1.700 mobil, tahun ini tercatat 3.600.

Penguasaan pasar pun meningkat dari 7,8 persen menjadi 12,3 persen. "Pasar Jatim pada kuartal pertama ini tumbuh 33 persen," kata Direktur PT UMC Prabowo Liegangsaputro. (dio)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gencar Promosi Produk, BTN Tingkatkan DPK

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler