UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021 Bidik Business Matching USD 65 Juta

Selasa, 14 Desember 2021 – 21:35 WIB
BRI terus berkomitmen memajukan UMKM Indonesia, salah satunya dengan penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berkomitmen memajukan UMKM Indonesia, salah satunya dengan penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan event tersebut merupakan perwujudan komitmen BRI untuk meningkatkan social value creation.

BACA JUGA: CAR BRI Solid di 24,54 Persen, Kekuatan Tumbuh Berkelanjutan Makin Kokoh

UMKM dibimbing berperan aktif dalam meningkatkan kapabilitas serta kualitas produknya.

Melalui UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur ini, pelaku usaha didorong untuk membangun kepercayaan diri dan berani tampil di pasar mancanegara.

BACA JUGA: BRI Peduli Bantu Pengelolaan Sampah Terpadu Wujud Nyata Kepedulian Pada Lingkungan

BRI berharap UMKM Indonesia dapat berkompetisi di pasar dalam maupun luar negeri.

"Mereka dapat menguatkan pemasaran dan jangkauan channel penjualan, salah satunya lewat platform e-commerce," jelas Sunarso.

BACA JUGA: BRI Peduli Gelar Pemeriksaan Gratis Kesehatan Warga Terdampak Erupsi Semeru

Acara pameran virtual UMKM terbesar ini juga dilakukan business matching yang melibatkan 105 buyers dari 30 negara.

Sunarso mengatakan bahwa seiring dengan pemulihan ekonomi nasional BRI juga meningkatkan target nilai business matching kegiatan tersebut.

“Besaran target tahun ini USD 65 juta (kurs Rp 14.200 per USD) meningkat dari nilai tahun 2020 yang sebesar USD 57,5 juta,” kata Sunarso dalam opening ceremony yang dilakukan secara virtual pada Kamis, (09/21).

Nilai business matching pada 2020 berasal dari 74 kontrak pembelian yang dilakukan oleh 26 buyers dari 11 negara.

Nilai business matching pada gelaran 2020 tersebut juga meningkat apabila dibandingkan dengan UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2019.

Pasalnya, pada 2019 hanya terdapat 16 buyers yang berasal dari tujuh negara, yakni USA, Belanda, China, Jepang, Hong Kong, Arab Saudi, dan Australia.

Business matching tersebut menghasilkan 23 kontrak pembelian dengan total nilai sebesar USD 33,5 juta.

"Optimisme peningkatan nilai business matching tersebut juga didasari oleh hasil indeks bisnis UMKM," ucap Sunarso.

Menurut dia, bentuk perhatian BRI terhadap keberlangsungan UMKM juga diwujudkan melalui kegiatan riset rutin triwulanan yang menghasilkan Indeks Bisnis UMKM.

Sunarso memerinci pada triwulan III-2021, Indeks Aktivitas Bisnis memang mengalami penurunan karena dampak dari gelombang kedua Covid-19.

Namun, Indeks Kepercayaan pelaku UMKM terhadap kemampuan pemerintah mengelola ekonomi masih terus meningkat.

"Memasuki triwulan IV-2021, Indeks Ekspektasi Bisnis juga terpantau meningkat yang menunjukkan optimisme pelaku usaha UMKM menyambut akhir 2021," jelas Sunarso.

UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021 diselenggarakan sejak 1 Desember 2021 hingga 16 Desember 2021 dengan mengusung tema

"Dari Indonesia untuk Dunia".

Peserta yang berpartisipasi mencapai 500 UMKM yang telah terpilih melalui serangkaian proses kurasi. Pameran ini pun menjadi bazar virtual terbesar yang selama ini diselenggarakan oleh BRI.

Pameran virtual ini menghadirkan sensasi pameran nyata di dunia maya sekaligus memberikan pengalaman 3D kepada pengunjung.

Selain itu, UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021 juga menampilkan konsep thematical outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yaitu Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

Sebagai pelengkap acara, akan ditampilkan Music Performance, Coaching Clinic, Inspiration Talk, Do It Yourself (Yuk Berkarya), Podcast, dan Business Matching yang berisi pelatihan dan workshop untuk pelaku UMKM.

Masyarakat bisa menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021, masyarakat dapat mengakses website www.brilianpreneur.com. (jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Maksimalkan Jaringan, PT Sarinah Gandeng Bank BRI


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler