Undang Tim Untuk Simulasi

Timnas Ikuti Turnamen di Myanmar

Senin, 24 Desember 2012 – 05:15 WIB
JAKARTA - Berada di grup berat dalam kualifikasi Pra Piala Asia 2015 tak membuat Indonesia berkecil hati. Mereka berusaha meningkatkan kekompakan dan kerja sama tim dengan banyak beruji coba dan menjalani simulasi pertandingan harian.

"Minimal tiga kali uji coba. Itu untuk memaksimalkan tim kami yang baru berkumpul," ucap Koordinator timnas Bob Hippy, Minggu (23/12).
    
Selain masih menunggu kepastian tanggal menghadapi laga uji coba kontra Jordania dan Uni Emirat Arab (UEA), PSSI juga memastikan akan mengirimkan tim ke Myanmar. Bob menyebut undangan dari Myanmar sudah berada di PSSI.

"Ada undangan turnamen pertengahan Januari 2013. Saya juga diomongi langsung oleh presiden sepak bola Myanmar," ucap ketua tim adhoc Timnas tersebut.

Dengan waktu yang hanya tersisa lima minggu sebelum laga pertama pada 6 Februari nanti, Bob menyebut uji coba adalah langkah terbaik untuk meningkatkan performa Timnas. Apalagi, dari hasil evaluasi Timnas ke Piala AFF lalu, salah satu rekomendasi utama adalah untuk memperbanyak uji coba.

Selain uji coba, Timnas juga akan menyiapkan program latihan dengan lebih banyak menggelar simulasi pertandingan. Salah satunya adalah dengan mengundang klub peserta kompetisi PSSI untuk menjadi pendamping Timnas.

Klub yang akan diundang adalah Pro Duta FC. Klub itu dinilai paling mudah dan paling siap mengarungi kompetisi. Selain itu, prosedur untuk mengundang mereka pun tidak sulit.

"Itu dulu klubnya pak Sihar (Sitorus, Exco PSSI). Mereka juga sudah bersedia untuk menjadi lawan simulasi Timnas selama pemusatan latihan nanti," tegas pemain Timnas era 60-an tersebut.

Sementara itu, pelatih timnas Nilmaizar membenarkan bahwa timnya ke depan harus banyak menggelar uji coba. Dia menilai simulasi dan pertandingan adalah salah satu langkah terbaik untuk bisa menyiapkan timnas dengan baik.


"Dengan uji coba, cara bermain bisa dilihat. Dari situ kita bisa membenahi penampilan. Lebih efektif  uji coba, karena kalau skill dan teori pemain pasti sudah cukup. Mereka profesional," terangnya. (aam/ko)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Babak Pertama, Chelsea Gilas Aston Villa 3-0

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler