Ungkap Alasan PAN Dukung Gibran bin Jokowi, Zulhas Singgung soal Mendahului PDIP

Rabu, 12 Agustus 2020 – 16:32 WIB
Zulkifli Hasan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan buka-bukaan soal alasan parpolnya mendukung Gibran Rakabuming Raka pada Pilkada Kota Surakarta (Solo).

Zulkifli menyebut PAN sudah memutuskan dukungan untuk Gibran jauh-jauh hari sebelum PDI Perjuangan mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

BACA JUGA: Peluang Gibran Menang Telak di Solo, Zulhasan: Biasanya Ramalan Saya Benar

"Pertama, kenapa Gibran, ini bukan hari ini, soal teknis. Saya sudah sampaikan ke ketua DPD (PAN) solo, mungkin lima bulan lalu," kata Zulkifli Hasan di Jakarta, Rabu (12/8).

Menurut Zulkifli, dirinya juga menyampaikan itu saat menyerahkan surat rekomendasi dari DPP PAN kepada Gibran yang berpasangan dengan Teguh Prakosa pada Pilkada Kota Solo.

BACA JUGA: Gibran: Untuk Membangun Sebuah Negara, Saya Mulai dari Solo

"Jadi bukan baru sebulan. Sebelum orang-orang, teman-teman lain, sebelum PDIP memutuskan, saya sudah memutuskan mungkin lima bulan lalu, sebelum kami kongres saya sampaikan," tegas Zulkifli.

Mengenai alasan PAN mendukung Gibran di Pilkada Solo, mantan ketua MPR RI itu menilai putra sulung Presiden Jokowi itu merupakan salah satu contoh pemimpin muda yang ingin berbuat untuk masyarakat di tempat kelahirannya. 

BACA JUGA: Survei Iwan Fals, Gibran Kalah dari Kotak Kosong dalam Pemilihan Wali Kota Solo

Selain itu, Zulkifli menilai Gibran sebagai individu sudah mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab, Gibran memiliki perusahaan dan telah mengabdikan diri untuk kegiatan kemasyarakatan.

"Prestasinya kami tahu, ada memiliki perusahaan, sudah mengurus orang, sudah biasa mengurus organisasi, pengusaha sukses. Pengalaman, walaupun muda pengalaman banyak, saya mengikuti. Dan ingin mengabdi untuk kota kelahirannya, Surakarta," tutur Zulkifli.

Politikus yang beken disapa dengan panggilan Zulhas itu menambahkan, keputusan akhir ada di masyarakat. Sementar PAN sekadar berupaya menyodorkan calon terbaik.

"Kami menganggap Gibran ini pilihan terbaik untuk Surakarta. Muda, sukses, punya pengalaman, sudah bisa memanajemen, dan sebagainya. Dan regenerasi itu suatu keharusan. Maka, kami putuskan (dukungan) pada Saudara Gibran," tegasnya.(fat/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler